SURVEY EFEKTIFITAS BLENDED LEARNING PADA MATERI PENDIDIKAN JASMANI SMA INVASION GAMES, NET-GAMES, DAN ATLETIK


Syahrul Rahmansyah, 6101417007 (2023) SURVEY EFEKTIFITAS BLENDED LEARNING PADA MATERI PENDIDIKAN JASMANI SMA INVASION GAMES, NET-GAMES, DAN ATLETIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101417007_Syahrul Rahmansyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi menjadi hal yang penting bagi manusia karena memiliki berbagai manfaat untuk memudahkan dalam melakukan pekerjaan, hal tersebut juga menciptakan kebiasaan baru yang terus berkembang tak terkecuali dalam dunia pendidikan, dengan adanya metode pembelajaran Blended Learning mendorong adanya pembelajaran yang efektif dan efisien dengan penggabungan media digital dengan pembelajaran tatap muka sehingga menjadi metode alternatif dalam pembelajaran, sehingga perlu diketahuinya efektifitas metode pembelajaran blended learning type berapa yang cocok digunakan pada setiap materi. Penelitain ini menggunakan metode penelitian diskriptif kuantitatif persentase yang dilakukan pada peserta didik SMA di Kota Semarang dalam Pendidikan Jasmani dengan desain penelitian non-eksperimental deskriptif dengan metode survey. Sumber data primer merupakan hasil Survey dari 683 responden dan observasi secara langsung di lapangan. Data kemudian di olah dan di analisis pada Microsoft exel dan dipaparkan dalam bentuk grafik persentase. Hasil dari penelitian ditemukan adanya efektifitas pada penggunaan metode Blended Learning pada Pendidikan jasmani, yaitu Blended Learning type 2 efektif digunakan pada materi Invasion Games (68,77%) dan Atletik (67,31%) sedangkan pada materi Net-Games (68,38%) efektif menggunakan metode Blended Learning type 3. Simpulan pada penelitian ini adalah terdapat efektifitas penggunaan Blended Learning pada materi Pendidikan jasmani SMA tentang Invasion Games, Net-Games dan Atletik dengan type Blended Learning yang berbeda. Namun perlu adanya penelitian lembih lanjut untuk jenjang pendidikan lainnya serta perlunya diselenggarakannya workshop atau bimtek (Bimbingan Teknik) untuk guru atau tenaga pengajar untuk mengembangkan blended learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Invasion Games, Net-Games, Atletik, Efektifitas
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:18
Last Modified: 21 Oct 2024 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65029

Actions (login required)

View Item View Item