KONTRIBUSI MATA KULIAH GELAR KARYA TERHADAP NIAT MENJADI FASHION DESIGNER PRODI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Rahmawati, 5403418010 (2023) KONTRIBUSI MATA KULIAH GELAR KARYA TERHADAP NIAT MENJADI FASHION DESIGNER PRODI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5403418010_RAHMAWATI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Mata Kuliah Gelar Karya berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPS) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang dengan jumlah 4 SKS. Mata kuliah Gelar Karya memberikan berbagai pengalaman dalam menyelesaikan projek fashion dari mulai mencari sumber ide hingga merealisasikan karyanya untuk diperagakan. Pengalaman menempuh Mata Kuliah Gelar Karya dapat dijadikan sebagai portofolio untuk memulai karir menjadi fashion designer. Namun kenyataannya lulusan Prodi Pendidikan Tata Busana belum banyak yang melanjutkan karirnya untuk menjadi seorang fashion designer yaitu hanya 17%. Hal ini diketahui dari wawancara terhadap beberapa perwakilan alumni yang menyampaikan bahwa sebagian besar alumni bekerja menjadi pengajar di SMK, kemudian di industri garmen dan juga membuka usaha jahit busana custom made. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian terhadap kontribusi suatu mata kuliah dalam rangka untuk menumbuhkan niat menjadi fashion designer. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui deskripsi kontribusi Mata Kuliah Gelar Karya di dalam menumbuhkan niat menjadi fashion designer mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana 2) Mengetahui deskripsi niat menjadi fashion designer mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana 3) Mengetahui seberapa besar Kontribusi Mata Kuliah Gelar Karya Terhadap Niat Menjadi Fashion Designer Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain pendekatan survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisis menggunakan deskriptif presentase. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 103 mahasiswa yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana Angkatan 2017, 2018, dan 2019 yang sudah menempuh Mata Kuliah Gelar Karya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa deskripsi kontribusi Mata Kuliah Gelar Karya yang ditinjau dari aspek nilai dan pengalaman selama menempuh Mata Kuliah Gelar Karya berkontribusi terhadap niat menjadi fashion designer dengan indikator berada pada kriteria baik dan sangat baik. Selanjutnya deskripsi niat menjadi fashion designer juga berada pada kriteria baik dan sangat baik. Sedangkan hasil besarnya kontribusi Mata Kuliah Gelar Karya terhadap niat menjadi fashion designer berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi memiliki presentase sebesar 30.2%. Kesimpulannya Mata Kuliah Gelar Karya memberikan kontribusi yang positif terhadap niat menjadi fashion designer mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk lebih menggali variabel lain yang dapat memberikan kontribusi dalam menumbuhkan niat mahasiswa dalam memulai karir sebagai fashion designer

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Mata Kuliah Gelar Karya, Niat Menjadi Fashion Designer
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:01
Last Modified: 15 Oct 2024 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64987

Actions (login required)

View Item View Item