PENGEMBANGAN MEDIA PERAGA POWER STEERING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENDIAGNOSIS KERUSAKAN SISTEM KEMUDI


Fathan Masruri, 5202418016 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PERAGA POWER STEERING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENDIAGNOSIS KERUSAKAN SISTEM KEMUDI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5202418016_Fathan Masruri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media peraga sistem kemudi power steering yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem kemudi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur pengembangan media pada penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE yang mencakup tahapan pengembangan meliputi : Analyze, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations. Produk berupa media peraga sistem kemudi power steering diujicobakan pada sampel yaitu peserta didik SMK Muhammadiyah 2 Semarang program keahlian TKR. Pengujian dilakukan dengan metode pre-Eksperimental design dengan satu kelas mendapatkan treatment dalam uji coba media peraga ini dengan menggunakan jenis One-Grup Pretest-Postest. Hasil uji kelayakan media peraga sistem kemudi power steering mendapatkan hasil dari ahli materi dengan persentase kelayakan sebesar 85% atau dikategorikan “sangat layak” dan ahli media diperoleh persentase kelayakan sebesar 84,17% dan dikategorikan “sangat layak”. Kemudian hasil uji-t menunjukkan hasil

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Peraga, Sistem Kemudi, Power Steering
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:27
Last Modified: 15 Oct 2024 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64978

Actions (login required)

View Item View Item