PENGEMBANGAN MODUL UNIT M.71INS02.011.1 (MANAJEMEN PENGELOLAAN ASET/BARANG MODAL) SISTEM ONLINE UNTUK PENDIDIKAN PROFESI INSINYUR BIDANG TEKNIK MESIN


Ivan Yoan Ferial, 5202417045 (2023) PENGEMBANGAN MODUL UNIT M.71INS02.011.1 (MANAJEMEN PENGELOLAAN ASET/BARANG MODAL) SISTEM ONLINE UNTUK PENDIDIKAN PROFESI INSINYUR BIDANG TEKNIK MESIN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5202417045_Ivan Yoan Ferial.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul Unit M.71INS02.011.1 (Manajemen Pengelolaan Aset/Barang Modal) Sistem Online untuk Pendidikan Profesi Insinyur Bidang Teknik Mesin dan mengembangkannya untuk bisa diakses secara online. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Analysis, Design, Development, Disseminate) yang dibatasi hanya sampai pada tahap Development. Penelitian dilakukan dengan menganalisis pelaksanaan Pendidikan Profesi Insinyur Teknik Mesin di Indonesia, hasil rancangan modul terdiri dari 4 bagian pokok yaitu bagian awal, pendahuluan, materi pokok, dan bagian akhir yang selanjutnya disusun dalam bentuk PDF kemudian dikonversi menjadi E-Modul menggunakan bantuan website AnyFlip. Format materi modul yang dikembangkan sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 132 Tahun 2018 Tentang Penetapan SKKNI yang terdiri dari 4 elemen kompetensi dan 22 kriteria unjuk kerja. Penyusunan format penulisan modul sesuai dengan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 Tahun 2009 dimana terdapat 4 bagian utama yaitu, Bagian awal, Pendahuluan, Materi Pokok dan Bagian Akhir. Modul kemudian di uji oleh ahli untuk mencari validitas, reliabilitas, serta kelayakan modul dari segi materi dan media. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah berupa analisis statistika deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan Modul Unit M.71INS02.011.1 (Manajemen Pengelolaan Aset/Barang Modal) Sistem Online untuk Pendidikan Profesi Insinyur Bidang Teknik Mesin.dari validitas mendapat nilai koefisien validitas sebesar 0,94 artinya modul yang di hasilkan akurat dalam penyampaian materi. Reliabel untuk digunakan dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,74 dari para ahli. Layak digunakan dengan persentase sebesar 89,5% dari ahli materi, artinya materi modul memenuhi kesesuaian materi dengan EK dan KUK sedangkan untuk penilaian dari ahli media sebesar 93,8%, artinya modul memenuhi kriteia dalam segi Aspek Grafika, Aspek Desain Isi Modul, dan Aspek Manfaat. Kesimpulan hasil pengembangan modul yang pelaksanaannya menggunakan sistem daring dapat digunakan untuk proses pembelajaran PSPPI Teknik Mesin secara reguler.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:12
Last Modified: 15 Oct 2024 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64975

Actions (login required)

View Item View Item