EVALUASI PEMBELAJARAN TARI PUTRA GAGAH DI KELAS XI SMK NEGERI 8 SURAKARTA PASCA PANDEMI COVID-19


Chrisan Tiyansa, 2501418020 (2023) EVALUASI PEMBELAJARAN TARI PUTRA GAGAH DI KELAS XI SMK NEGERI 8 SURAKARTA PASCA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501418020_Chrisan Tiyansa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Sistem pendidikan di masa pandemi Covid-19 mengalami perubahan dalam proses pembelajaran dengan metode jarak jauh yang dinilai kurang optimal untuk sekolah menengah kejuruan. Pandemi Covid-19 setelah 2 tahun berjalan berangsur membaik dan proses pembelajaran mulai kembali normal. Pasca Pandemi Covid-19 merupakan masa peralihan sekolah kembali dengan metode tatap muka. Pelaksanaan evaluasi pada pasa pandemi Covid-19 sangat perlu diperhatikan untuk mempertahankan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran tari putra gagah di kelas XI yang mengalami peralihan pasca pandemi Covid-19 serta mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajarannya. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pedagogik. Peneliti mengawali pengumpulan data dengan teknik observasi dilanjutkan dengan melakukan wawancara dengan Wakil Kepala Sekolah bidang Akademik, Kepala Program Keahlian Seni Tari, guru dan siswa, kemudian peneliti melakukan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan triangulasi data hingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah mengetahui proses pembelajaran tari putra gagah pada kelas XI di SMK Negeri 8 Surakarta dan pelaksanaan evaluasinya yakni dengan teknik tes dan non tes. Teknik tes yang digunakan adalah tes lisan, tes tertulis dan tes perbuatan (praktik) dengan seluruh soalnya disampaikan secara lisan yang dilakukan pada penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester. Tari Putra Gagah memerlukan volume gerak dan tenaga yang besar sehingga guru memberikan toleransi nilai pada tes praktik terhadap siswa putri yang persentasenya mendominasi kelas, sedangkan untuk penilaian sikap dilakukan teknik non tes dengan cara observasi. Saran yang diberikan peneliti kepada guru mata pelajaran tari putra gagah agar dapat mengembangkan metode pembelajaran, meninggalkan teknik lisan dalam memberikan soal tes dan mengembangkan teknik pelaksanaan evaluasi khususnya pada instrumen penilaian sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: evaluasi pembelajaran, tari putra gagah, pasca Covid-19
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:22
Last Modified: 10 Oct 2024 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64909

Actions (login required)

View Item View Item