PEMANFAATAN MEDIA VIDEO TARI DALAM PEMBELAJARAN DARING: STUDI KASUS PADA MATA KULIAH TARI SURAKARTA DASAR (TARI RANTAYA GAGAH) SEMESTER GASAL TAHUN 2020/2021 DI JURUSAN PENDIDIKAN SENDRATASIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Dina Witri Setyaningsih, 2501417136 (2023) PEMANFAATAN MEDIA VIDEO TARI DALAM PEMBELAJARAN DARING: STUDI KASUS PADA MATA KULIAH TARI SURAKARTA DASAR (TARI RANTAYA GAGAH) SEMESTER GASAL TAHUN 2020/2021 DI JURUSAN PENDIDIKAN SENDRATASIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501417136  - Dina Witri Setyaningsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Media video pembelajaran merupakan salah satu aspek dalam pembelajaran yang turut menentukan keberhasilan proses pembelajaran selain pendidik, peserta didik, materi, metode, evaluasi pembelajaran, dan lingkungan pembelajaran. Adanya peningkatan pemahaman terhadap video pembelajaran, terjadi karena proses belajar yang dapat dikatakan menjadi lebih bervariasi selama pembelajaran daring berlangsung. Pandemi Covid-19 yang berlangsung berdampak pada aktivitas menjadi terbatas. Kegiatan pembelajaran dilakukan daring dengan melalui platform Whatsapp dan Google Classroom. Penggunaan media video pembelajaran yang diberikan dosen terhadap pemahaman mahasiswa dapat dinilai efektif dalam proses pembelajaran selama pandemi. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas dan pemanfaatan media video tari dalam pembelajaran daring tari Surakarta dasar. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan, mendeskripsikan, dan menganalisis Pemanfaatan dan Efektivitas Media Video Tari dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus Pada Mata Kuliah Tari Surakarta Dasar Semester Gasal Tahun 2020/2021 di Jurusan Pendidikan Sendratasik UNNES. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang divalidasi dari hasil wawancara 4 orang mahasiswa pendidikan seni tari angkatan 2020/2021 dan dokumen-dokumen pendukung seperti buku, jurnal, serta situs atau sumber lain yang mendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran adalah salah satu cara alternatif yang digunakan dalam pembelajaran daring karena bertepatan dengan materi praktik. Proses belajar mengajar juga menjadi lebih efektif mencapai tujuan dalam hal tenaga, waktu serta biaya selama pembelajaran daring. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran mempunyai efektifitas yang sangat baik terhadap antusias dan dapat menarik minat belajar peserta didik. Di sisi lain ada beberapa hal yag harus dipertimbangkan yaitu untuk pendidik agar dapat mengembangkan pembelajaran dengan membuat kondisi pembelajaran tetap efektif walaupun dilakukan daring dan lebih sering berkomunikasi dengan peserta didik apabila peserta didik mengalami kesulitan, serta pengajar perlu memberikan motivasi untuk mahasiswa agar mahasiswa tetap memiliki semangat yang tinggi dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Video Pembelajaran Tari, Pembelajaran Daring, Tari Surakarta Dasar
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:06
Last Modified: 10 Oct 2024 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64898

Actions (login required)

View Item View Item