PENGARUH VARIASI KECEPATAN SPINDLE DAN DEPTH OF CUT PADA PROSES BUBUT RATA MENGGUNAKAN PAHAT HSS TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BENDA KERJA BAJA ST 40


Iftitachul Kurnia Shafa, 5201416078 (2022) PENGARUH VARIASI KECEPATAN SPINDLE DAN DEPTH OF CUT PADA PROSES BUBUT RATA MENGGUNAKAN PAHAT HSS TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BENDA KERJA BAJA ST 40. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201416078_IFTITACHUL KURNIA SHAFA - Iftitachul Kurnia Shafa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Kualitas hasil pembubutan konvensional dapat di tinjau dari banyak segi termasuk pada sisi kekasaran permukaan benda kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari kecepatan putaran spindel dan kedalaman pemotongan terhadap tingkat kekasaran proses pembubutan konvensional pada material baja ST 40. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode eksperimen untuk mengetahui sebab dan akibat dari perlakuan yang diberikan pada penelitian ini. Variabel bebas yang digunakan ini adalah kecepatan putaran spindel dan kedalaman pemotongan. Variasi kecepatan putaran spindel yang digunakan antara lain 180 rpm, 270 rpm dan 360 rpm. Sedangkan variasi kedalaman pemotongan yang digunakan adalah 0,5 mm, 0,75 mm, dan 1 mm. Untuk variabel terikat pada penelitian ini adalah kekasaran permukaan benda kerja dengan material baja ST 40. Setelah proses pembubutan benda kerja, dilakukan pengukuran kekasaran permukaan dengan menggunakan alat Surftest SJ-210. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan nilai kekasaran berbeda pada tiap spesimen yang diberikan perlakuan yang beda pada kecepatan putaran spindel dan keadalaman pemotongan. Angka nilai kekasaran tertinggi pada penelitian ini dihasilkan pada spesimen yang diberi perlakuan kecepatan putaran spindel 180 rpm dengan kedalaman pemotongan 1 mm yaitu 6,975 µm. Untuk angka nilai kekasaran terendah dihasilkan oleh spesimen dengan perlakuan kecepatan putaran spindel 360 rpm dan kedalaman pemotongan 0,5 mm yaitu 3,273 µm. Sehingga kesimpulan yang dapat ditarik pada penelitian ini adalah pemilihan kecepatan putaran spindel yang semakin tinggi dan kedalaman pemotongan yang semakin rendah akan menghasilkan kekasaran permukaan benda kerja yang semakin rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kekasaran Permukaan, Kecepatan Putaran Spindel, Kedalaman pemotongan, Baja ST 40.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:01
Last Modified: 10 Oct 2024 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64897

Actions (login required)

View Item View Item