PENGARUH PEMBERIAN SPORT ENERGY GEL BIJI CHIA (Salvia hispanica, L.) TERHADAP KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TANGAN ATLET VOLI BPPLOP JAWA TENGAH


Akhmad Samsu Dukha, 6511418074 (2022) PENGARUH PEMBERIAN SPORT ENERGY GEL BIJI CHIA (Salvia hispanica, L.) TERHADAP KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TANGAN ATLET VOLI BPPLOP JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6511418074_Akhmad Samsu Dukha - Akhmad Samsu Dukha.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Sport energy gel berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot tangan atlet voli sebelum latihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian sport energy gel biji chia (Salvia hispanica, L.) terhadap kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot tangan atlet voli BPPLOP Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan menggunakan pre post test control group design with same subject. Sampel berjumlah 26 atlet yang seluruhnya dijadikan kelompok kontrol dan kelompok perlakuan masing-masing diberikan 300 ml. Pengukuran pada penelitian ini meliputi berat badan, tinggi badan, asupan energi dan zat gizi, kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot tangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada pemberian sport energy gel biji chia terhadap kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot tangan (p<0,05). Kelompok dengan peningkatan kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot tangan paling besar yaitu pada kelompok pemberian sport energy gel biji chia dengan tambahan maltodekstrin. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada perlakuan sport energy gel biji chia dengan tambahan fruktosa dan maltodekstrin terhadap kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot tangan (p>0,05). Jenis kelamin, asupan energi, zat gizi makro dan mineral tidak berkorelasi terhadap kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot tangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pemberian sport energy gel biji chia terhadap nilai kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot tangan atlet voli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sport energy gel, kekuatan otot tungkai, kekuatan otot tangan
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:43
Last Modified: 10 Oct 2024 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64891

Actions (login required)

View Item View Item