STRATEGI INKUIRI PADA PEMBELAJARAN MUSIK DI KINDERFIELD SCHOOL KOTA CIREBON PADA MASA PANDEMI COVID-19
Nana Rustiana, 2501417098 (2023) STRATEGI INKUIRI PADA PEMBELAJARAN MUSIK DI KINDERFIELD SCHOOL KOTA CIREBON PADA MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
Abstract
Pandemi COVID-19 yang memaksa pembelajaran dilakukan secara daring, sehingga memerlukan strategi pembelajaran yang tepat agar siswa tetap dapat belajar secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan strategi inkuiri pada pembelajaran musik di Kinderfield School Kota Cirebon pada masa pandemi COVID-19. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi kepada guru dan sekolah untuk menggunakan strategi inkuiri dalam pembelajaran musik pada masa pandemi COVID-19 dan masa-masa yang akan datang. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian serupa dalam konteks pembelajaran musik atau subjek lainnya pada masa pandemi COVID-19 atau dalam kondisi pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Fokus pada penelitian ini kepada siswa-siswi kelas V dan guru musik Kinderfield- Highfield School. Lokasi penelitian di Kinderfield- Highfield School Jalan Samadikun No.33 Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi inkuiri pada pembelajaran musik di Kinderfield School Kota Cirebon sangat efektif selama masa pandemi COVID-19, hal tersenut dibuktikan dengan berjalannya proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Selain itu, penggunaan strategi inkuiri juga membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaborasi. Oleh karena itu kepada guru dan sekolah untuk menggunakan strategi inkuiri pada pembelajaran musik, mempertimbangkan penggunaan teknologi dan platform pembelajaran daring yang sesuai, memberikan pelatihan dan dukungan yang cukup, mempertimbangkan penggunaan strategi pembelajaran lain yang sesuai, dan melakukan evaluasi dan pemantauan secara teratur terhadap penggunaan strategi inkuiri. Saran-saran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran online di masa pandemi, yaitu memperkuat infrastruktur teknologi, menyesuaikan metode dan materi pembelajaran, memperkuat kemampuan komunikasi dan kolaborasi, mengembangkan kemampuan mandiri siswa, dan memperkuat kemampuan beradaptasi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Inkuiri, Pembelajaran Musik, Masa Pandemi Covid-19 |
Subjects: | N Fine Arts > NN Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:29 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64883 |
Actions (login required)
View Item |