PROSES PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL PIANIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 SLAWI


Imelda Ayu Wardani, 2501417014 (2023) PROSES PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL PIANIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 SLAWI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501417014_Imelda Ayu Wardani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan wabah virus yang berbaya menyerang manusia namun karena selama dua tahun pembelajaran dilaksanakan dengan daring akhirnya muncul adaptasi kebiasaan baru merupakan ketentuan yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus dan tetap menjaga keseimbangan kehidupan agar tetap berjalan salah satunya yaitu pendidikan serta tidak semua sekolah diizinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka disesuaikan dengan kondisi lingkungan masuk pada zona aman atau tidak. SMP Negeri 2 Slawi melakukan proses pembelajaran secara langsung khususnya proses pembelajaran musik ansambel pianika secara tatap muka dan dengan pembatasan peserta didik serta waktu pembelajaran yang dipersingkat. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dan teknik analisis datanya meliputi pengumpilan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran musik ansambel pianika di SMP Negeri 2 Slawi pada masa pandemi covid berjalan secara semestinya tidak ada gangguan sama sekali dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan seperti menggunakan masker, pembatasan peserta didik, menjaga kebersihan diri. Selama proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah untuk menerangkan materi musik ansambel dan metode drill untuk praktik bermain alat musik pianika. Siswa dianggap hanya sekedar bisa bermain alat musik pianika namun untuk ketepatan dalam bermain pianika masih kurang sesuai perlu berlatih secara berulang-ulang seperti teknik penjarian siswa masih banyak yang salah, ketepatan melodi, ketepatan ketukan. Untuk kekompakan dalam bermain pianika memang dibutuhkan kerjasama dan latihan. Guru melakukan evaluasi pembelajaran secara individu hal tersebut dilakukan agar tetap jaga jarak dengan siswa yang lain dan guru agar tidak menularkan virus serta alat musik yang digunakan tidak boleh meminjam, setelah bermain alat musik pianika siswa menggunakan maskernya kembali. Walaupun waktu pembelajaran selama masa pandemi lebih singkat dari pembelajaran normal namun proses pembelajaran berjalan seperti normal pada umumnya hanya saja materi-materi yang diterangkan jadi lebih di persingkat. Saran peneliti untuk materi pembelajaran diberikan secara terarah dan bisa menggunakan media pembelajaran yang menunjang dengan pembelajaran pianika tidak hanya menggunakan buku paket namun terdapat visual yang bisa membuat siswa mengerti dan paham tentang materi musik ansambel bisa dengan mempraktikan dan menggunakan media sosial seperti Youtube, PPT atau Google. Dengan menggunakan media membuat pemahaman siswa lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ansambel, Pianika, Pandemi.
Subjects: N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:58
Last Modified: 10 Oct 2024 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64871

Actions (login required)

View Item View Item