MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATERI ANSAMBEL KELAS VII DI SMP NEGERI 1 JIKEN KABUPATEN BLORA


Nurmala Anugrahari, 2501416125 (2023) MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATERI ANSAMBEL KELAS VII DI SMP NEGERI 1 JIKEN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501416125_Nurmala Anugrahari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Materi seni musik ansambel sejenis dan campuran terdapat praktik yang harus dilaksanakan individu maupun kelompok. Pembelajaran semester ini, banyak pelajaran yang diisi dengan kegiatan praktik, baik praktik secara individu maupun kelompok. Hal tersebut menjadikan guru dan siswa kelas VII SMP N 1 Jiken dihadapkan dalam situasi yang rumit pada pelajaran seni budaya, pembelajaran tidak dapat berlangsung sebagaimana mestinya. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana model pembelajaran blended learning pada materi ansambel di kelas VII SMP Negeri 1 Jiken Kabupaten Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana data-data yang dihasilkan berupa kata-kata deskritif. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Proses pembelajaran seni budaya materi ansambel musik pada kelas VII SMP Negeri 1 Jiken Blora dengan model blended learning, (2) Kemampuan peserta didik dalam memahami materi ansambel musik menggunakan metode blended learning, (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penggunaan metode blended learning dalam pembelajaran ansambel di SMP N 1 Jiken. Saran yang dapat diberikan yaitu model blended learning sangat disarankan kepada para guru untuk pendampingan di masa pandemi COVID 19 harus dilakukan sebagai solusi model pembelajaran yang tepat, karena blended learning merupakan pendekatan pembelajaran yang harus menarik dan bermakna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Blended learning, Musik Ansambel, Seni Budaya
Subjects: N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:13
Last Modified: 10 Oct 2024 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64862

Actions (login required)

View Item View Item