PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN SUHU DAN WUJUD BENDA PADA MUPEL IPA KELAS V SDN CANGKIRAN 02 SEMARANG


Elsa Arni Rahmadhani, 1401418316 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN SUHU DAN WUJUD BENDA PADA MUPEL IPA KELAS V SDN CANGKIRAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418316- Elsa Arni Rahmadhani.docx] HTML - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Cangkiran 02 Semarang melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, terdapat permasalahan terkait hasil belajar yang cenderung rendah dan kurang variatifnya media pembelajaran yang digunakan. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran yaitu multimedia interaktif iSpring untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi perubahan suhu dan wujud benda pada mupel IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, serta keefektifan multimedia interaktif iSpring untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi perubahan suhu dan wujud benda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan multimedia interaktif iSpring untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi perubahan suhu dan wujud benda. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Cangkiran 02 Semarang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media dan analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia interaktif iSpring memuat berbagai jenis media seperti audio, teks, gambar, animasi, dan games yang dikemas dalam bentuk aplikasi smartphone dan mudah diakses oleh siswa secara offline, media pembelajaran sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 98,3% dan kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 91,6%. Media ini juga efektif digunakan dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t dengan didapati

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ISpring, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar Siswa, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Oct 2024 07:02
Last Modified: 09 Oct 2024 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64843

Actions (login required)

View Item View Item