HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING SISWA DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN ORGANISASI


Susvita Sari, 1301418056 (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING SISWA DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN ORGANISASI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 13014188056 - Susvita Sari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Badan Penelitian Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyampaikan bahwa proses pembelajaran diharapkan tidak hanya berfokus pada capaian akademis untuk mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi juga memperhatikan kondisi kesejahteraan psikologis siswa. Selain capaian akademis, kegiatan non-akademik siswa seperti keikutsertaan organisasi juga harus diperhatikan, karena kegiatan diluar pembelajaran juga memiliki dampak terhadap kesejahteraan psikologis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan psychological well-being yang kemudian ditinjau dari keikutsertaan siswa dalam organisasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Alat pengumpulan data yang digunakan terdiri dari dua skala yaitu skala kecerdasan emosi dan skala psychological well-being. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Grabag, Kabupaten Magelang, dengan sampel berjumlah 221 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderation Process Analysis: model 1 oleh Hayes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosi siswa SMP Negeri 1 Grabag berkategori tinggi (M = 3,86 ; SD = 0,14) dan psychological well-being juga berada pada kategori tinggi (M = 3,83; SD = 0,57). Uji moderasi memperoleh nilai β = 0,297; p = 0,0028 < 0,01 yang berarti keikutsertaan organisasi terbukti signifikan memengaruhi arah hubungan antara kecerdasan emosi dengan psychological well-being. Berdasarkan hasil tersebut, guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 1 Grabag dapat lebih memperhatikan kegiatan diluar akademis yang berdampak pada tingkat kesejahteraan psikologis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosi, psychological well-being, keikutsertaan organisasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:51
Last Modified: 09 Oct 2024 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64841

Actions (login required)

View Item View Item