PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL “MILLEALAB” PLATFORM MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY
Agiardhika Yafi Idris Abdullah, 2411416049 (2023) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL “MILLEALAB” PLATFORM MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
Abstract
Dunia pendidikan di Indonesia menghadapi perkembangan teknologi yang telah mencapai revolusi industri 4.0 (berbasis teknologi digital). Guna menghadapi tantangan tersebut perlu dilakukan peningkatan minat siswa dalam belajar melalui inovasi media pembelajaran. “MilleaLab” sebagai all-in-one Virtual reality platform yang mendukung dalam membuat konten edukasi berbasis Virtual reality. Tujuan dari proyek studi ini adalah untuk merancang ulang identitas visual baru yang mendukung dalam strategi branding yang dilakukan “MilleaLab” dalam meningkatkan brand awareness dihati masyarakat berupa naiknya engagement terkait produk yang ditawarkan oleh “MilleaLab”. Proses berkarya perancangan identitas visual ini dilakukan dengan teknik digital secara keseluruhan melalui software Figma, Adobe Illustrator 2019 dan Adobe Photoshop CC 2019 dengan menggunakan perangkat keras Wacom pen tablet dan Macbook Air 2020. Tahapan dalam proses berkarya, melalui beberapa tahap. (1) Proses praproduksi, berupa riset, analisis target audiens, strategi media branding, dan media promosi. (2) Proses produksi, berupa merancang desain, konsultasi, penyempurnaan desain dan finalisasi karya desain. (3) Proses pascaproduksi, berupa pameran dan presentasi karya. Proses berkarya dalam perancangan ulang identitas ini telah menghasilkan karya berupa, logo, font, elemen visual, stationery set, merchandise (kaos, hoodie, mug, stiker, notebook dan totebag), aset ilustrasi dan aset website, digital marketing (Instagram dan header social media), flyer dan poster. Adanya karya yang telah diciptakan mempunyai tujuan yang sama yaitu diharapkan mampu meningkatkan brand awareness dihati masyarakat berupa naiknya engagement terkait produk yang ditawarkan oleh “MilleaLab” serta dapat dijadikan sebagai acuan sehingga tercipta keunikan dan keselarasan dalam sebuah produk. Adanya perancangan ulang identitas visual untuk “MilleaLab” ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam melaksanakan branding pada “MilleaLab” sehingga identitas visual yang dibangun tetap terjaga dan tercipta konsistensi dalam setiap branding yang dilakukan dan “MilleaLab” menjadi lebih dikenal sebagai platform media pembelajaran berbasis virtual reality.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Branding, Identitas Visual, Virtual reality, MilleaLab. |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 04:41 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 04:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64829 |
Actions (login required)
View Item |