APLIKASI GAMBAR ILUSTRASI PADA RANCANGAN MEDIA PROMOSI MARATUA ADVENTURE TOUR AND TRAVEL


Ahmad Khozali, 2411415047 (2023) APLIKASI GAMBAR ILUSTRASI PADA RANCANGAN MEDIA PROMOSI MARATUA ADVENTURE TOUR AND TRAVEL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2411415047_Ahmad Khozalhi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Pariwisata memiliki posisi sangat strategis dalam perkembangan perekonomian Indonesia yang saat ini telah berkembang menjadi salah satu industri terbesar. Hal ini bisa dilihat dari kontribusi sektor pariwisata terhadap total ekspor barang dan jasa yang meningkat tajam dari 10 persen pada tahun 2005 menjadi 17 persen pada tahun 2012. Namun, wabah yang menyebabkan pandemi datang di awal tahun 2020 di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Maka, Presiden Indonesia memberlakukan Pembatasan Skala Besar-Besaran (PSBB). Adanya pembatasan sosial akibat covid-19 ini mengakibatkan kemandekan di berbagai sektor. Salah satu sektor yang paling terdampak dengan adanya pandemi ini adalah sektor pariwisata (Skare et al., 2020). Data BPS menunjukkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia April 2020 mengalami penurunan hingga periode April 22021. Kunjungan wisatawan mancanegara akhirnya naik pada bulan April 2022 mencapai hingga 499,01 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Menanggapi hal tersebut perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata harus mampu bangkit dan meningkatkan pelayanan mereka untuk menarik konsumen salah satunya adalah dengan media promosi. Proyek studi ini menghasilkan rancangan media promosi Maratua Adventure yang merupakan biro perjalanan wisata yang berlokasi di Pulau Bali, beralamatkan di Jalan Raya Kesambi No.36/37, Kerobokan, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361. Rancangan media promosi tersebut berbentuk media promosi tercetak seperti, member card, kemeja, totebag, dan kalender untuk meningkatkan brandawareness, memperluas segmentasi pasar, serta memberikan sebuah citra atau image yang baik di hadapan konsumen yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Proses pembuatan proyek studi ini melalui beberapa tahapan, yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi. Karya yang dihasilkan berupa media promosi tercetak yang diaplikasikan dengan gambar ilustrasi yang sudah dibuat. Dengan adanya aplikasi gambar ilustrasi pada rancangan media promosi ini, diharapkan mampu menjadi alat untuk promosi Maratua Adventure yang efektif dan tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Sektor Pariwisata, Dampak Covid-19 di Bidang Pariwisata, Media Promosi, Aplikasi Ilustrasi.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Oct 2024 04:24
Last Modified: 09 Oct 2024 04:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64815

Actions (login required)

View Item View Item