PENGARUH BIG FIVE PERSONALITY TRAITS TERHADAP SELF-PRESENTATION PADA PENGGUNA MEDIA SOSIA


Maulina Eka Sari, 1511419041 (2023) PENGARUH BIG FIVE PERSONALITY TRAITS TERHADAP SELF-PRESENTATION PADA PENGGUNA MEDIA SOSIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1511419041_Maulina Eka Sari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Setiap orang tak dapat lepas dari self-presentation. Fenomena terkait self�presentation terlihat di beragam media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Facebook dimana para pengguna dapat memposting informasi pribadi, memperbarui status, menulis komentar, hingga berbagi sejumlah besar foto. Setiap individu tentunya berbeda dalam hal bentuk kesan yang mereka coba tampilkan. Salah satu faktor yang diduga dapat memprediksi self-presentation adalah kepribadian (personality). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari kepribadian Big Five yang terdiri dari extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, dan openness to experience terhadap perilaku self�presentation. Subjek dalam penelitian ini adalah pengguna media sosial (N=210). Sampel dipilih dengan teknik convenience sampling dengan karakteristik berusia 19-34 tahun, merupakan pengguna media sosial dan memiliki minimal satu akun media sosial yang aktif, serta pernah mengunggah postingan di akun tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yaitu skala Big Five Inventory (BFI) dan Self Presentation on Facebook Questionnaire (SPFBQ). Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda, dengan asumsi dasar dari uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Hasil F hitung sebesar 5.280 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga p<0,05 menunjukan bahwa terdapat pengaruh the big five personality traits terhadap self-presentation. Selanjutnya, hasil uji secara parsial menemukan bahwa dari kelima dimensi big five personality hanya variabel neuroticism dan openness to experience yang memiliki pengaruh signifikan terhadap self-presentation (p<0,05). Sumbangan efektif yang diberikan terhadap self-presentation dari variabel neuroticism adalah sebesar 6,33% sedangkan dari variabel openness to experience adalah sebesar 4,45%. Selain itu, tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel extraversion, agreeableness, dan conscientiousness terhadap self-presentation.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: big five personality, presentasi diri, media sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:25
Last Modified: 09 Oct 2024 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64781

Actions (login required)

View Item View Item