Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca Intensif melalui Teknik Skrambel pada Siswa SD Kelas IV.
Riana , 1402407157 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca Intensif melalui Teknik Skrambel pada Siswa SD Kelas IV. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca Intensif melalui Teknik Skrambel pada Siswa SD Kelas IV.)
- Submitted Version
Download (10MB) | Preview |
Abstract
Dari hasil observasi dan wawancara pada 20 September 2010 dan 23 September 2010 diperoleh data yaitu 59,53 % siswa kelas IV SD N Kalibanteng Kidul 02 kurang terampil dalam membaca intensif. Hal ini dikarenakan guru kurang maksimal dalam mengondisikan kelas, siswa kurang bekerjasama dengan teman lain, siswa bosan dan kondisi kelas ramai. Sehingga pencapaian hasil evaluasi siswa pada pokok bahasan menentukan ide pokok kurang maksimal dengan rerata kelas 53,33, nilai terendah 20 dan nilai tertinggi 90. Rumusan masalah yang muncul yaitu: bagaimanakah proses pembelajaran membaca intensif melalui teknik skrambel pada siswa SD Kelas IV?. Masalah tersebut dirinci (1) bagaimanakah keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran membaca intensif dengan teknik skrambel di SD kelas IV?; (2) bagaimanakah aktivitas siswa SD kelas IV dalam pembelajaran membaca intensif dengan teknik skrambel?; (3) bagaimanakah hasil belajar membaca intensif siswa SD kelas IV dengan teknik skrambel?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca intensif melalui teknik skrambel pada Siswa SD Kelas IV, yang meliputi (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran membaca intensif di SD kelas IV dengan teknik skrambel; (2) mendeskripsikan aktivitas siswa SD kelas IV dalam pembelajaran membaca intensif dengan menggunakan teknik skrambel; (3) mendeskripsikan hasil belajar membaca intensif siswa SD kelas IV dengan menggunakan teknik skrambel. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kalibanteng Kidul 02. Jumlah siswa sebanyak 42. Sedangkan variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran membaca intensif dengan teknik skrambel; (2) aktivitas siswa SD kelas IV dalam pembelajaran membaca intensif dengan teknik skrambel; (3) hasil belajar membaca intensif pada siswa SD kelas IV dengan teknik skrambel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran membaca intensif dengan teknik skrambel yang meliputi peningkatan pada keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa dalam membaca intensif. Terbukti dengan peningkatan pada keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 20,84 % dari 69,79 % pada siklus I menjadi 90,63 % pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat sebesar 11% dari 66% pada siklus I menjadi 77% pada siklus ke II. Hasil belajar membaca intensif dengan teknik skrambel siswa meningkat sebesar 15,48% dari 69,05% pada siklus I menjadi 84,53% pada siklus II. Disarankan agar guru dapat berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran agar lebih efektif dan efisien agar siswa dapat aktif dalam mengikuti pembelajaran dari guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pembelajaran, Membaca Intensif, Teknik Skrambel, Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Oct 2011 04:38 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6473 |
Actions (login required)
View Item |