PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V SDN 1 SIDOREKSO KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS


Nurul Maulida, 1401419185 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V SDN 1 SIDOREKSO KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419185_Nurul Maulida.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi di SDN 1 Sidorekso adalah kurang maksimalnya nilai hasil belajar matematika peserta didik kelas V. Berdasarkan hasil observasi, studi dokumentasi, dan wawancara dengan guru kelas diketahui bahwa peserta didik beranggapan matematika adalah mata pelajaran yang sulit serta kurangnya pemanfaatan sarana dan prasarana seperti LCD proyektor dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi materi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan produk yang digunakan adalah model Borg and Gall (potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, serta produksi masal). Analisis data penelitian dilakukan melalui uji kelayakan dan uji keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melalui proses validasi produk oleh ahli media diperoleh nilai 87% dan ahli materi diperoleh nilai 77% dengan kategori layak. Media video animasi materi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang dinyatakan efektif dibuktikan dengan uji t test menggunakan paired sample t-test didapatkan bahwa t hitung>t tabel yaitu 38,5968 > 2,04227 maka Ho ditolak. Sedangkan hasil uji peningkatan rata-rata nilai (N-Gain) pretest dan posttest peserta didik didapatkan sebesar 0,58 dengan kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa media video animasi materi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN 1 Sidorekso. Peneliti menyarankan kepada guru agar menggunakan media video animasi materi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang untuk melatih peserta didik dalam memahami materi serta meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Video Animasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 08:13
Last Modified: 08 Oct 2024 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64719

Actions (login required)

View Item View Item