KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE DAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MUATAN PELAJARAN IPS PADA KELAS V SDN GUGUS FATAHILLAH KABUPATEN KENDAL


Ciek Sandrasyifa Ully, 1401418411 (2023) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE DAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MUATAN PELAJARAN IPS PADA KELAS V SDN GUGUS FATAHILLAH KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418411_Ciek Sandrasyifa Ully.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra-penelitian di 5 SDN yang terdapat di Gugus Fatahillah ditemukan permasalahan yaitu rendahnya nilai belajar IPS. Permasalahan tersebut dipengaruhi oleh media pembelajaran yang digunakan masih sederhana dan kurang inovatif. Peran guru untuk menjadikan pembelajaran IPS yang menyenangkan adalah dengan menggunakan media pembelajaran puzzle dan flashcard. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan keefektifan penggunaan media puzzle dan flashcard terhadap kemampuan kognitif siswa materi Persebaran Sumber Daya Alam Flora dan Fauna Indonesia pada siswa kelas V SDN di Gugus Fatahillah. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen, Bentuk penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 49 siswa kelas V SDN 1 Tlogopayung yang berjumlah 16 siswa, SDN 2 Tlogopayung yang berjumlah 16 siswa, dan SDN 2 Wonodadi yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif, analisis statistik data. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent samples t-test dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) kelas eksperimen 1 sebesar 0,000 dan nilai sig. (2- tailed) kelas eksperimen 2 sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi yang diperoleh 0,000 kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kognitif materi Persebaran Sumber Daya Alam Flora dan Fauna Indonesia antara yang menggunakan media puzzle dan media flashcard dengan media peta atlas pada siswa kelas V SDN di Gugus Fatahillah Kabupaten Kendal. Uji keefektifan dengan menggunakan uji N-gain diperoleh nilai N-gain pada kelas eksperimen 2 lebih tinggi daripada nilai N-gain pada kelas eksperimen 1 (0,64 > 0,61), disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran flashcard lebih efektif digunakan terhadap kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif; Media Puzzle; Media Flashcard
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:48
Last Modified: 08 Oct 2024 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64709

Actions (login required)

View Item View Item