PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI MATERI KERAGAMAN BUDAYA PAKAIAN ADAT MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN KALISIDI 01 KABUPATEN SEMARANG


Arifatul Ulya, 1401418335 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI MATERI KERAGAMAN BUDAYA PAKAIAN ADAT MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN KALISIDI 01 KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418335_Arifatul Ulya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan bidang studi yang mengkaji kehidupan manusia pada lingkungan sekitarnya. Berdasarkan data pra-penelitian di SDN Kalisidi 01 Kabupaten Semarang melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, terdapat permasalahan yang beragam. Permasalahan yang cukup urgant adalah mengenai media pembelajaran berbasis teknologi yang digunakan dalam pembelajaran di SDN Kalisidi 01. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti menginisiasi untuk membuat media pembelajaran berupa e-media pembelajaran berbasis prezi. Rumusan masalah serta tujuan penelitian yang hendak dilakukan yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis prezi, menguji kelayakan media pembelajaran media pembelajaran berbasis prezi dan menguji keefektifan media pembelajaran berbasis prezi. Penelitian ini dilakukan di SDN Kalisidi 01 Kabupaten Semarang pada semester genap, tahun ajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan pada 1 februari s.d Juni 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Metode yang diguakan yaitu pengembangan yang digunakan yaitu model Borg dan Gall dengan 8 langkah penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian.Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji t dan uji N�gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis prezi layak digunakan dengan presentase yang diperoleh dari ahli media sebesar 100% dan presentase dari ahli materi adalah 91,33%. Hasil uji t menunjukkan hasil t hitung sebesar 12,172 dan t tabel sebesar 1,675 maka perbandingan yang didapat adalah 12,172 > 1,675 sehingga keterangan H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis prezi 80,615 sedangkan nilai gain 0,615 kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis prezi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa muatan pelajaran IPS Kelas IV SDN Kalisidi 01 materi keragaman budaya pakaian adat. Saran peneliti, sebaiknya media pembelajaran berbasis prezi digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran berbasis prezi; IPS; hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:23
Last Modified: 08 Oct 2024 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64690

Actions (login required)

View Item View Item