PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN CANDI 01 KABUPATEN SEMARANG


Sanistya Cipta Pratama, 1401418329 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN CANDI 01 KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418329_Sanistya Cipta Pratama.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Hasil prapenelitian dengan melalui observasi, wawancara dan data dokumen di SDN Candi 01 ada beberapa kendala dalam pembelajaran IPA yaitu diantaranya kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam penyampaian pembelajaran dikelas dan hasil belajar IPA yang kurang maksimal. Sehingga, harus diperlukan sebuah inovasi dalam penggunaan media yaitu mengembangkan media pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran articulate storyline berbasis karakter materi organ pernapasan manusia dan hewan pembelajaran IPA Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Pada uji skala kecil dipilih 6 siswa kelas V dan uji skala besar sejumlah 22 siswa kelas V di SDN Candi 01 Kabupaten Semarang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, tes angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis produk, analisis data awal, uji t-test dan uji n-gain Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif articulate storyline berbasis karakter efektif dan layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Output pengembangan media ini berupa media berbentuk web yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Articulate Storyline. Kelayakan media ini dibuktikan dengan validasi dari tim ahli, yaitu ahli materi dan ahli media dengan presentase sebesar 88,3% dan 98,3%. Sedangkan dari hasil tanggapan penggunaan media dari guru dan siswa menunjukkan presentase sebesar 93,6% dan 96,3%. Keefektifan multimedia interaktif articulate storyline berbasis karakter dibuktikan pada uji coba kelompok kecil dan besar diperoleh hasil secara berurutan yaitu Sighitung = 0,000<0,05 dan Sighitung = 0,000<0,05, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif. Sedangkan hasil dari peningkatan rata-rata (N-Gain) pada uji coba kelompok kecil dan besar secara berurutan adalah 0,67 memperoleh kriteria sedang dan 0,53 memperoleh kriteria sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan multimedia interaktif articulate storyline berbasis karakter sangat layak dan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil pembelajaran IPA kelas V pada materi organ pernapasan manusia dan hewan. Saran dari penelitian adalah multimedia interaktif articulate storyline berbasis karakter dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran di kelas V pada muatan pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Articulate Storyline, Multimedia Interaktif, Pembelajaran IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:16
Last Modified: 08 Oct 2024 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64685

Actions (login required)

View Item View Item