PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ASSEMBLR EDU MATERI VOLUME BALOK DAN KUBUS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS V SDN TEGALMADE 02 KABUPATEN SUKOHARJO


Nurul Sholehah, 1401418324 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ASSEMBLR EDU MATERI VOLUME BALOK DAN KUBUS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS V SDN TEGALMADE 02 KABUPATEN SUKOHARJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418324_ Nurul Sholehah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di SDN Tegalmade 02 Kabupaten Sukoharjo khususnya di kelas V. Ditemukan permasalahan yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis IT dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran berbasis assemblr edu materi volume bangun ruang balok dan kubus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dilaksanakan mengaju pada model pengembangan Borg&Gall meliputi: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Lokasi penelitian di SDN Tegalmade 02 Kabupaten Sukoharjo. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V SDN Tegalmade 02 Kabupaten Sukoharjo berjumlah 13 siswa dan dilakukan pada semester genap 2022/2023. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis assemblr edu dan variabel terikatnya hasil belajar siswa kelas V SDN Tegalmade 02 Kabupaten Sukoharjo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, data dokumen, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, dan analisis data akhir dengan uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis assemblr edu memiliki tampilan yang memuat: (1) halaman utama; (2) halaman kompetensi dasar dan indikator; (3) halaman tujuan; (4) halaman peta konsep materi; (5) halaman materi; (6) halaman contoh soal; (7) halaman daftar pustaka; (8) halaman profil pengembang; (9) halaman ucapan terima kasih. Media pembelajaran berbasis assemblr edu dinyatakan layak karena persentase penilaian ahli media sebesar 93% dan ahli materi sebesar 90,63%. Media pembelajaran berbasis assemblr edu kelas V khususnya materi volume balok dan kubus dinyatakan efektif dibuktikan dengan uji t-test dan n-gain, didapat hasil uji coba kelompok kecil sig(2-tailed) 0,002 dan n-gain = 0,3704, uji pemakaian kelompok besar sig(2-tailed) 0,000 dan n-gain = 0,4791 memperoleh kategori sedang karena berada pada rentang skor 0,3 ≤ g ≥ 0,7 dan hasil signifikan t-test yang kurang dari 0,05. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis assemblr edu efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Tegalmade 02. Saran penelitian selanjutnya yaitu guru dapat mengembangkan media yang inovatif dan berbasis IT sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran assemblr edu, matematika, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:14
Last Modified: 08 Oct 2024 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64684

Actions (login required)

View Item View Item