PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO POP UP UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI KLASIFIKASI INFORMASI TEKS NONFIKSI SISWA KELAS V SDN NONGKOSAWIT 01 KOTA SEMARANG


Aridha Pratama Rishanti, 1401418267 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO POP UP UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI KLASIFIKASI INFORMASI TEKS NONFIKSI SISWA KELAS V SDN NONGKOSAWIT 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418267_Aridha Pratama Rishanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Ditemui beberapa permasalahan pembelajaran bahas Indonesia kelas V SDN Nongkosawit 1 Semarang terkait media pembelajaran salah satunya pada kompetensi klasifikasi informasi teks nonfiksi. Oleh karena itu, diperlukan adanya media pembelajaran baru dalam menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain menguji kelayakan serta menguji keefektifan media video pop up sebagai media pembelajaran muatan pelajaran bahasa Indonesia Kelas V SDN Nongkosawit 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R&D) dengan modelpengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Nongkosawit 01 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Kelayakan produk dinilai oleh validator media dan validator materi serta guru dan siswa. Keefektifan produkdiuji menggunakan teknik analisis data awal dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta analisis data akhir melalui uji t berpasangan dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media video pop up muatan bahasa Indonesia kompetensi klasifikasi informasi teks nonfiksi sangat layak digunakan berdasarkan penilaian validator media dengan persentase 83.01% dan validator materi sebesar 86.00% dengan kateogri sangat layak. Beradsarkan uji t berpasangan pada uji coba kelompok kecil hasil t hitung (5.0343)>t tabel(2.447) dan uji t berpasangan pada uji coba kelompok besar hasil t hitung (6.8105)>t tabel (2.145) maka ha diterima. Uji N-Gain dengan hasil sebesar 0.496 dengan kategori cukup pada uji coba kelompok kecil dan pada uji coba kelompok besar sebesar 0.659 dengan kategori cukup. Simpulan penelitian ini adalah desain media video pop up berasil dikembangkan, dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi klasifikasi informasi teks nonfiksi muatan bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Nongkosawit 01 Semarang. Saran peneliti adalah untuk mengembangkan media video pop up.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: klasifikasi informasi, media pembelajaran, teks nonfiksi, video pop
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:07
Last Modified: 08 Oct 2024 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64679

Actions (login required)

View Item View Item