KEEFEKTIFAN MODEL PjBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS WIJAYA KUSUMA SEMARANG


Hanin Muktiningtyas Pratama, 1401418237 (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PjBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS WIJAYA KUSUMA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418237 - Hanin Tyas.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika, kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru, kurangnya pemahaman siswa tentang pecahan. Guru lebih dominan dalam kegiatan pembelajaran karena menggunakan metode ceramah, dan memberikan latihan soal. Siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model PjBL Berbais Etnomatematik terhadap hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Gugus Wijaya Kusuma Semarang. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent kontrol grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Wijaya Kusuma Semarang terdiri dari 4 SD. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dengan hasil SDN Tlogosari Wetan 01 Semarang sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, SDN Tambakrejo 01 Semarang sebagai kelas uji coba soal. Variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Variabel bebas adalah model PjBL Berbasis Etnomatematika. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) hasil uji ketuntasan belajar siswa menggunakan uji z pada kelas eksperimen diperoleh hasil Zhitung 8,622 > Ztabel 1,959 yang artinya ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen lebih dari 75%. (2) hasil uji perbedaan rata-rata hasil belajar menggunakan uji t diperoleh hasil thitung 8,578 > ttabel 2,021 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) hasil penghitungan uji N-gain kelas eksprimen 0,76 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol 0,04 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model PjBL (Project Based Learning) berbasis etnomatematika lebih efektif digunakan pada materi pecahan kelas IV SD Gugus Wijaya Kusuma Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika; Hasil Belajar; Matematika; PjBL
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:01
Last Modified: 08 Oct 2024 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64674

Actions (login required)

View Item View Item