ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI KELAS I DAN IV SD NEGERI RANDUGUNTING 6 KOTA TEGAL


Irfina Salsabila, 1401418210 (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI KELAS I DAN IV SD NEGERI RANDUGUNTING 6 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418210 - Irfina Salsabila.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka menerapkan pembelajaran berbasis HOTS pada semua mata pelajaran termasuk mata pelajaran matematika. Pembelajaran berbasis HOTS menekankan kemampuan observasi untuk memecahkan masalah yang ditemui dan membuat solusi terbaik berdasarkan pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis HOTS di kelas I dan IV SD Negeri Randugunting 6 Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji kredibilitas data menggunakan triangulasi dan membercheck. Metode analisis yang digunakan dengan pengolahan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbasis HOTS pada tahap perencanaan pendidik kelas I mengembangkan modul ajar pada ranah kognitif menganalisis (C4) yang ditunjukkan dengan penggunaan KKO (menganalisis) pada tujuan pembelajaran dan kegiatan inti. Pendidik kelas IV mengembangkan modul ajar pada ranah kognitif mengevaluasi (C5) yang ditunjukkan dengan penggunaan KKO (memutuskan) pada tujuan pembelajaran dan kegiatan inti. Pada pelaksanaan pembelajaran, peserta didik kelas I menganalisis karakteristik bangun ruang, aktivitas tersebut menunjukkan aktivitas pada ranah kognitif menganalisis (C4). Pada peserta didik kelas IV memutuskan nilai tempat bilangan, aktivitas tersebut menunjukkan aktivitas pada ranah kognitif mengevaluasi (C5). Pada tahap penilaian, pendidik kelas I menggunakan soal pada ranah kognitif menganalisis (C4) karena peserta didik diminta untuk mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik bentuk-bentuk bangun ruang dan pendidik kelas IV menggunakan soal pada ranah kognitif mengevaluasi (C5) karena peserta didik diminta untuk memilih dan memutuskan nilai tempat bilangan cacah. Pada pembelajaran matematika berbasis HOTS pendidik kelas I dan IV mengalami kendala yakni, tugas tambahan, pengelolaan kelas, peserta didik yang belum lancar membaca dan menulis, dan hasil belajar peserta didik yang belum optimal. Adapun langkah yang dilakukan oleh pendidik kelas I dan IV dalam mengatasi kendala yaitu memanajemen waktu dengan baik, pengondisian peserta didik, pendampingan pada peserta didik dan kegiatan remidi. Ada beberapa saran yang diberikan kepada pihak terkait. Saran tersebut antara lain, untuk tenaga pendidik hendaknya dapat dapat melaksanakan pembelajaran berbasis HOTS dengan baik dan menggunakan bentuk soal penilaian yang beragam. Bagi kepala sekolah hendaknya membimbing dan mengawasi pendidik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kurikulum merdeka, pembelajaran berbasis HOTS, matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:29
Last Modified: 08 Oct 2024 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64666

Actions (login required)

View Item View Item