PENGEMBANGAN METODE RESITASI TERINTEGRASI PJBL (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK PEMBELAJARAN QAWA’ID KELAS X SMA/MA KOTA SEMARANG


ANNISAA NURUL HAFIIZHA, 2303416028 (2023) PENGEMBANGAN METODE RESITASI TERINTEGRASI PJBL (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK PEMBELAJARAN QAWA’ID KELAS X SMA/MA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2303416028 _Annisaa Nurul H.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tata bahasa yang dalam istilah Arab dikenal dengan kata Qawa’id yang berperanan penting dalam menyusun kata-kata serta kalimat dengan benar akan tetapi banyak siswa belum dapat menguasai pembelajaran bahasa Arab secara optimal dikarenakan kurangnya pemahaman qawa’id Arab. Banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya keterbatasan waktu dalam belajar atau kurang adanya perhatian khusus untuk pembelajaran qawa’id Arab di sekolah, hal inilah yang mejadi dasar peneliti untuk menjawab kebutuhan siswa serta guru akan pembelajaran qawa’id Arab yang diharapkan dapat mempermudah siswa dalam mempelajari qawa’id arab terutamanya di kelas sepuluh SMA/MA. Peneletian ini didesain dengan jenis penelitian dan pengembangan atau R&D dari sugiyono hingga tahap kelima saja yaitu setelah validasi desain ahli adalah revisi desain. Rancangan pengembangan metode Resitasi dipilih sebagai upaya menemukan solusi atas permasalahan dalam pembelajaran qawa’id kelas X khususnya di kota Semarang dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, serta angket kebutuhan guru siswa. Berdasarkan hasil analisis angket kebutuhan dari 112 siswa dan tiga orang guru yang menjadi respoden dapat diketahui bahwa banyak siswa yang sebenarnya kurang antusias dengan pembelajaran bahasa Arab yang diajarkan disekolah dan merasakan lebih mudah memahami pembelajaran bahasa Arab dari tugas yang diberikan guru tentunya dengan variasi tugas yang tidak monoton dan bervariasi. Hasil angket kebutuhan guru terhadap pengembangan metode resitasi untuk pembelajaran qawa’id Arab adalah banyak guru yang merasa sangat butuh dan perlu adanya ide pembelajaran qawa’id arab yang bisa meningkatkan antusias murid dan pembalajaran qawa’id Arab dengan metode resitasi dirasa bisa mejadi alternatif serta variasi bagi pengajaran guru dikelas dalam pemberian tugas didukung dengan purwarupa media yang berbentuk Langkah-langkah pembelajaran serta kelengkapan petunjuk penggunaan buku, pengertian dan contoh-contoh rencana pembelajaran berdasarkan tema. Hasil penilaian validasi ahli materi dan ahli metode berdasarkan empat aspek kelayakan yang dinilai diantaranya aspek kelayakan isi dengan skor 4 (62,5%) yang menujukan sangat sesuai, aspek kelayakan penyajian dengan skor 4 (62,5%) yaitu sangat sesuai, aspek kelayakan bahasa dengan dengan mayoritas skor 4 (87,5%) sangat sesuai, dan terakhir berdasarkan aspek kelayakan metode yang juga menunjukan skor 4 dengan prosentase paling tinggi 100% , maka produk ini layak digunakan akan tetapi dengan beberapa revisi. Dan karena penelitian yang masih ditahap kelima sehingga memungkinkan pihak lain untuk mengembangkan penelitian ini hingga ketahap selanjutnya sehingga penelitian selanjutnya dapat menghasilkan saran dan perbaikan yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas produk sebagai referensi baru yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Metode Resitasi, Pembelajaran Qawa’id Arab
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:31
Last Modified: 08 Oct 2024 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64665

Actions (login required)

View Item View Item