PENGENALAN MUKASHI BANASHI MELALUI METODE STORYTELLING TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SISWA KELAS 5 SD NEGERI BALOK KENDAL DENGAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT
Danial Respati Nugrahadi, 2302419039 (2023) PENGENALAN MUKASHI BANASHI MELALUI METODE STORYTELLING TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SISWA KELAS 5 SD NEGERI BALOK KENDAL DENGAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data kondisi kemampuan literasi membaca siswa Indonesia yang masih berada jauh di level bawah yang masih jauh dari harapan pemerintah. Literasi masih belum menjadi kebiasaan dan budaya bangsa Indonesia. Segala hal yang terkait dengan literasi masih asing bagi masyarakat Indonesia. Pendidikan dasar dalam pembelajarannya belum sama sekali mengenal bahasa asing seperti bahasa Jepang. Padahal banyak contoh penerapan bahasa/kebudayaan yang dapat dipelajari dari negara Jepang, salah satunya karya sastra berupa mukashi banashi atau disebut dongeng cerita rakyat. Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran masih menggunakan hal yang sederhana. Padahal seiring waktu, penggunaan media jauh lebih menarik seperti penggunan media PowerPoint. Begitupun dengan penggunaan media yang masih sederhana cara pengajaran menjadi siswa lebih cepat bosan. Perlunya penunjang metode dan media pembelajaran harus diberikan secara menarik agar siswa dapat memahami dan meningkatkan literasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif yang bersifat kualitatif. Data dari penelitian ini adalah respons guru terhadap pengenalan mukashi banashi melalui metode storytelling untuk peningkatan literasi siswa kelas 5 SD Negeri Balok Kendal. Sumber data dari penelitian ini ada 2 yaitu data primer yang diambil dari wawancara langsung dengan guru wali kelas 5 dan data sekunder diperoleh dari teks cerita dongeng Bahasa Jepang, yang diambil dari dari website hukumusume.com yang merupakan salah satu website yang terdapat dalam nihongo.ena. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode observasi dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan dan tanggapan guru mengenai pengenalan mukashi banashi melalui metode storytelling terhadap peningkatan literasi siswa kelas 5 SD N Balok dengan media interaktif PowerPoint. Hasil keseluruhan pada penelitian ini diperoleh berdasarkan tanggapan guru yang telah didapatkan melalui observasi dan wawancara, diketahui bahwa pengenalan mukashibanashi melalui metode storytelling terhadap peningkatan literasi siswa kelas 5 SD Negeri Balok Kendal dengan media interaktif PowerPoint mendapatkan pujian baik dari seluruh pihak warga sekolah. Pelaksanaan ini dapat dijadikan sesuatu pengalaman belajar bagi siswa karena mereka mendapatkan hal baru berupa pengenalan mukashi banashi yang dapat diterapkan di kelas. Pengalaman inilah yang menjadikan siswa dapat untuk mengerti dan memahami dengan adanya beberapa contoh cerita rakyat dari negara Jepang dapat menambah minat membaca dan rasa ingin tahu di cerita lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Literasi Siswa, Media Interaktif PowerPoint, Mukashi Banashi, Metode Storytelling |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:27 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64663 |
Actions (login required)
View Item |