Kemampuan Mahasiswa Semester Atas Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang dalam Menggunakan Les Pronoms Relatifs Composés.


Neneng Ulwiyati , 2301406026 (2011) Kemampuan Mahasiswa Semester Atas Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang dalam Menggunakan Les Pronoms Relatifs Composés. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8221.pdf]
Preview
PDF
Download (975kB) | Preview

Abstract

Pada buku Campus 2 Unité 7 terdapat materi pronoms relatifs composés. Pronom relatif composé adalah pronom yang memungkinkan penyambungan dua kalimat tunggal untuk menyusun sebuah kalimat majemuk. Pronom relatif composé termasuk unsur tata bahasa yang sukar bagi pembelajar bahasa Prancis. Mahasiswa semester atas Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis sudah mempelajari pronoms relatifs composés. Walaupun sudah diajarkan, berdasarkan pengamatan hasil tulisan mahasiswa. Ternyata mereka jarang menggunakannya. Oleh karena itu, penelitian ini diadakan dan juga untuk mengetahui alasan mereka tidak dapat menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester atas dalam menggunakan les pronoms relatifs composés dan alasan menggunakan les pronoms relatifs composés. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan kajian analisis kritis. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa semester VI, VIII, X dan XIV Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam menggunakan les pronoms relatifs composés. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI, VIII, X dan XIV Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis sebanyak 12 orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Tes diujikan pada 12 mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Prancis semester VI, VIII, X dan XIV. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan dilanjutkan dengan analisis kritis. Analisis deskriptif dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif persentase, yaitu mempersentasekan hasil tes kemampuan mahasiswa dalam menggunakan les pronoms relatifs composés, sedangkan analisis kritis dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menguasai les pronoms relatifs composés. Kemampuan mahasiswa dalam menjawab tes rumpang, tes menggabungkan 2 kalimat, dan tes membuat kalimat les pronoms relatifs composés termasuk dalam kategori “Gagal”. Kesalahan jawaban responden disebabkan karena responden kurang teliti dalam menentukan, kurang memahami struktur yang benar (peletakan dan pembentukan les pronoms relatifs composés)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, pronoms relatifs composés, Bahasa Prancis
Subjects: P Language and Literature > PH Finno-Ugrian, Basque languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 28 Oct 2011 03:41
Last Modified: 28 Oct 2011 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6466

Actions (login required)

View Item View Item