PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INFOGRAFIS MATERI BENTUK INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Muhamad Misbachul Munir, 1401418184 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INFOGRAFIS MATERI BENTUK INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Beberapa temuan di SD Negeri Batiombo 02 antara lain guru belum pernah menggunakan media audio, guru belum pernah mengembangkan media pembelajaran pada mupel IPS. Hal itu membuat kegiatan belajar kurang efektif sehingga hasil belajar mupel IPS kurang maksimal. Dari sebelas peserta didik kelas V hanya satu yang mendapat nilai di atas KKM 67 dengan nilai 80 pada mupel IPS KD 3.2 menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. Karena itu dibutuhkan desain media pembelajaran/sumber belajar yang relevan dan mudah bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain multimedia infografis pada mupel IPS sekolah dasar kelas V materi bentuk interaksi manusia dengan lingkungan, mengetahui kelayakannya, dan keefektifannya dalam pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar kelas V di SD Negeri Batiombo 02 pada mupel IPS KD 3.2 bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan serta pengaruhnya terhadap pembangunan masyarakat Indonesia. Pengembangan multimedia infografis menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation) menururt Branch (2009). Proses pembuatannya menggunakan beberapa aplikasi yaitu Canva, QR Maker, Powtoon, Kine Master, Google Drive, dan Quizizz. Pengujian keefektifan multimedia infografis dilakukan dengan desain post-eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) multimedia infografis memperoleh skor 68 dengan skor maksimal 80 yang artinya layak untuk digunakan, (2) multimedia infografis efektif meningkatkan hasil belajar dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney U diperoleh nilai Asymp.Sig sebesar 0,009 < 0,05, yang artinya ada perbedaan nilai median antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Simpulan dari penelitian ini adalah multimedia infografis dapat dikembangkan untuk pembelajaran karena terbukti layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Peneliti menyarakan agar guru dapat mengembangkan multimedia infografis pada materi lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Infografis; Kelayakan; Keefektifan |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:19 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64659 |
Actions (login required)
View Item |