PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS ERLANGGA JAYA KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS


Aryo Priangsari, 1401418179 (2023) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS ERLANGGA JAYA KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418179_Aryo Priangsari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang telah dicapai siswa dalam kurun waktu tertentu setelah mengalami perubahan cara belajar. Proses prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya gerakan literasi sekolah dan minat baca. Gerakan literasi sekolah dan minat baca yang dilakukan secara optimal akan berpengarun terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara gerakan literasi sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SD N Gugus Erlangga Jaya Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kuantatif jenis pendekatan korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara gerakan literasi sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SD N Gugus Erlangga. Variabel dalam penelitian ini meliputi gerakan literasi sekolah, minat baca dan prestasi belajar. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N Gugus Erlangga Jaya yang berjumlah 135 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel 101 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan angket tertutup dengan skala likert 4. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel gerakan literasi sekolah memperoleh nilai indeks sebesar 73,14% termasuk kirteria tinggi. (2) Variabel minat baca memperoleh nilai indeks sebesar 73,98% termasuk kriteria tinggi. (3) Persentase sumbangan gerakan literasi sekolah terhadap prestasi belajar sebesar 9,4%; (4) Persentase sumbangan minat baca terhadap prestasi belajar 62%; (5) Presentase sumbangan gerakan literasi sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar sebesar 63,9%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa gerakan literasi sekolah dilaksanakan dengan menerapkan kegiatan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Apabila sudah tercipta suasana budaya literasi tentunya akan membuat minat baca dari siswa menjadi meningkat. Saran untuk pihak sekolah hendaknya lebih konsisten dalam melaksanakan gerakan literasi sekolah dengan memberikan sarana prasarana pendukung untuk kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai seperti menyediakan koleksi buku yang memadai di setiap sudut baca kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah; Minat Baca; Prestasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:17
Last Modified: 08 Oct 2024 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64657

Actions (login required)

View Item View Item