STRATEGI BELAJAR BAHASA JEPANG MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERDASARKAN TEORI OXFORD


Nadia Putri Septiyaningtyas, 2302418044 (2023) STRATEGI BELAJAR BAHASA JEPANG MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERDASARKAN TEORI OXFORD. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302418044_Nadia Putri Septiyaningtyas.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Proses belajar bahasa memerlukan suatu strategi yang berguna untuk mengembangkan kompetensi komunikatif. Strategi belajar yang digunakan pun haruslah sesuai dengan diri masing-masing individu agar proses belajar menjadi efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi belajar bahasa yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang UNNES ditinjau berdasarkan teori Oxford, serta mengetahui sikap lanjutan yang dapat diterapkan ditinjau dari hasil kecenderungan penggunaan strategi belajar bahasa mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan desain deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang UNNES angkatan 2020, 2021, dan 2022 sebanyak 73 responden. Hasil dari penelitian ini yaitu mahasiswa cenderung menggunakan strategi kognitif, kompensasi, afektif, dan sosial untuk belajar Bahasa Jepang. Kemudian terdapat 6 substrategi yang dominan digunakan mahasiswa, yaitu Analyzing and Reasoning, Practicing, Guessing Intelligently in Listening and Reading, Taking Your Emotional Temperature, Encouraging Your Self, dan Empathizing with Others. Sikap lanjutan dari keenam substrategi tersebut dapat diterapkan oleh pengajar/dosen dan mahasiswa baik saat perkuliahan maupun di luar perkuliahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi belajar, Bahasa Jepang, Mahasiswa, Teori Oxford
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:12
Last Modified: 08 Oct 2024 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64653

Actions (login required)

View Item View Item