PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP ELEKTRONIK MATERI TEKS NARASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN CIPINANG 05 PAGI JAKARTA


Khansa Nur Ghazalah, 1401418045 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP ELEKTRONIK MATERI TEKS NARASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN CIPINANG 05 PAGI JAKARTA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418045_Khansa Nur Ghazalah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya penggunaan media berbasis elektronik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks narasi disebabkan guru hanya menggunakan teks bacaan yang terdapat pada buku guru sehingga mengakibatkan rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Cipinang 05 Pagi Jakarta melalui media komik strip elektronik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Sample yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Cipinang 05 Pagi berjumlah 32 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan, 1) desain media komik strip elektronik menggunakan aplikasi Clip Studio Paint dan Adobe Photoshop C6 materi teks narasi, 2) kelayakan media komik strip elektronik dapat dilihat dari penilaian ahli materi sebesar 92% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 91% dengan kategori sangat layak, dan ahli bahasa sebesar 75% dengan kategori layak. 3) keefektifan media komik strip elektronik dapat dilihat dari uji N-gain pada uji kelompok kecil sebesar 0,39 dengan kategori sedang dan uji kelompok besar sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media komik strip elektronik desainnya layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Komik Strip Elektronik, Teks Narasi, Keterampilan Membaca Pemahaman.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:51
Last Modified: 08 Oct 2024 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64641

Actions (login required)

View Item View Item