ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DENGAN KURIKULUM 2013


Fifi Anggraeni, 1401417433 (2023) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417433_Fifi Anggraeni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Implikasi Kurikulum 2013 salah satunya yaitu penggunaan buku teks pelajaran. Pemerintah menerbitkan buku guru dan buku siswa sebagai pedoman dalam melaksanakan kurikulum 2013. Ketidaksesuaian buku pedoman merupakan bentuk kekurangan kurikulum 2013 dan dapat diketahui melalui kegiatan analisis. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa, guru belum melakukan kegiatan analisis buku guru dan buku siswa secara menyeluruh. Rumusan penelitian ini yaitu “Apakah terdapat kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan materi dalam buku guru dan buku siswa dengan Kurikulum 2013?”. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam buku guru dan buku siswa kelas IV SD/MI tema Indahnya Keragaman di Negeriku dengan kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik, triangulasi teknik, kecukupan referensi, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis KI dan KD dalam buku guru dan buku siswa sudah sesuai dengan kurikulum 2013. tujuan pembelajaran udah sesuai dengan kurikulum 2013, namun perlu beberapa perbaikan pada penggunaan kata kerja tidak operasional dan unsur ABCD yang kurang lengkap. Kegiatan pembelajaran, dan penilaian dalam buku guru dan buku siswa secara keseluruhan sudah sesuai dengan kurikulum 2013, namun perlu beberapa perbaikan pada kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup serta penambahan rubrik penilaian. kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam buku guru dan buku siswa sudah sesuai dengan kurikulum 2013, namun memerlukan perbaikan pada aspek kesesuaian materi dan kecakupan materi. kesimpulan bahwa buku guru dan buku siswa kelas IV SD/MI tema Indahnya Keragaman di Negeriku secara keseluruhan sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Saran yang berikan yaitu guru sebaiknya melakukan analisis buku guru dan buku siswa sebelum melaksanakan proses pembelajaran serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia harus lebih cermat, baik saat membuat maupun melakukan perbaikan buku panduan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Buku Guru; Buku Siswa; dan Kurikulum 2013
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:48
Last Modified: 08 Oct 2024 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64639

Actions (login required)

View Item View Item