HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS SAWOJAJAR KECAMATAN BANYUMANIK


Desy Nurma Rizqiana, 1401417386 (2023) HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS SAWOJAJAR KECAMATAN BANYUMANIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417386_Desy Nurma Rizqiana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kebiasaan belajar yang baik menjadi pondasi awal yang harus dibangun oleh seseorang untuk mendukung aktivitas belajar, selain itu dalam belajar kemandirian siswa juga merupakan salah satu faktor terpenting yang harus diperhatikan. Kedua hal ini sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa agar lebih optimal. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) menguji hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Sawojajar Kecamatan Banyumanik; (2) menguji hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Sawojajar Kecamatan Banyumanik; (3) menguji hubungan kebiasaan belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Sawojajar Kecamatan Banyumanik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gugus Sawijajar Kecamatan Banyumanik.Penelitian dilaksanakan pada Maret 2021 sampai bulan Februari 2022. Penelitian ini adalah kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Sawojajar Kecamatan Banyumanik yang berjumlah 224 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling sejumlah 168 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi kebiasaan dan kemandirian belajar sebagai variabel bebas sedangkan hasil belajar muatan IPS sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dengan lembar angket, instrumen wawancara, dan hasil belajar IPS. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS dengan rhitung = 0,672 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 45,1%; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS dengan rhitung = 0,652 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 42,5%; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS dengan rhitung = 0,784 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 61,5%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Sawojajar Kecamatan Banyumanik. Saran bagi guru dan pihak sekolah hendaknya dapat bekerja sama untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui kebiasaan belajar dan kemandirian belajar siswa, dengan mendukung dan memotivasi siswa untuk menerapkan dan meningkatkan kebiasaan yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan belajar, kemandirian belajar, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:41
Last Modified: 08 Oct 2024 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64633

Actions (login required)

View Item View Item