PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS IV SD NEGERI 01 WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA


Siti Arofah, 1401417380 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS IV SD NEGERI 01 WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417380_SITI AROFAH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pra-penelitian yang dilakukan di SDN 01 Wanayasa ditemukan beberapa permasalahan terhadap proses pembelajaran IPA. Hal ini dipengaruhi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dan penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif dan hanya ada media bantuan dari pemerintah. Hal tersebut menjadikan peserta didik kesulitan untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA. Oleh karena itu peneliti mengembangkan multimedia interaktif articulate storyline berbasis discovery learning pada muatan pelajaran IPA. Multimedia interaktif ini dikembangkan dan didesain sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan dapat di akses secara offline. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan, menguji kelayakan, dan keefektifan multimedia interaktif articulate storyline berbasis discovery learning pada muatan pelajaran IPA materi “Perubahan Bentuk Energi dan Sumber Energi Alternatif”. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Dalam penelitian ini hanya melalukan sampai dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi desain, (8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah peseta didik kelas IV SDN 01 Wanayasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi, dan angket. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) multimedia interaktif articulate storyline berbasis discovery learning telah dikembangkan sesuai dengan prosedur; (2) multimedia interaktif articulate storyline berbasis discovery learning dinyatakan sangat layak oleh validator ahli materi dengan persentase sebesar 91% (sangat layak) dan ahli media sebesar 95% (sangat layak); (3) penggunaan multimedia interaktif articulate storyline berbasis discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dengan hasil nilai signifikansi uji t yaitu t hitung= 17,278 ˃ t tabel = 2,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima (µ1 ≠ µ2) dan n-gain = 0,57 dengan kategori sedang serta memperoleh respon positif dari peseta didik dan guru. Simpulan penelitian ini adalah multimedia interaktif articulate storyline berbasis discovery learning layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada muatan pelajaran IPA materi “Perubahan Bentuk Energi dan Sumber Energi Alternatif”. Saran penelitian ini bahwa hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pretest dan posttest dengan kriteria tinggi sehingga multimedia interaktif articulate storyline berbasis discovery learning dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran di kelas IV pada muatan IPA materi “Perubahan Bentuk Energi dan Sumber Energin Alternatif”

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Articulate storyline, multimedia interaktif, hasil belajar IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:39
Last Modified: 08 Oct 2024 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64632

Actions (login required)

View Item View Item