HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN DI GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA


Amik Khoriah, 1401416304 (2022) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN DI GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401416304_Amik Khoriah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada Kelas V SDN Di Gugus Diponegoro Kecamatan Todanan Kabupaten Blora menunjukkan hasil belajar masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan guru, didapatkan data bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu kecerdasan emosional dan minat belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa Kelas V SDN di Gugus Diponegoro Kabupaten Blora. (2) mendeskripsikan hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa Kelas V SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Blora. (3) mendeskripsikan hubungan antara kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 107 siswa Kelas V SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Blora.Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sebanyak 107 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar, kontribusi variabel kecerdasan emosional termasuk dalam kategori kuat; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar, kontribusi variabel minat belajar ternasuk dalam kategori kuat; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa, kontribusi variabel kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar tersebut termasuk dalam kategori kuat. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa Kelas V SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Blora. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan minat belajar untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kecerdasan emosional dan minat belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:27
Last Modified: 08 Oct 2024 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64624

Actions (login required)

View Item View Item