PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS PQ4R UNTUK MENENTUKAN POKOK PIKIRAN PARAGRAF SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGAYU 03 KOTA SEMARANG


Yunia Ayuningsih, 1401416203 (2023) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS PQ4R UNTUK MENENTUKAN POKOK PIKIRAN PARAGRAF SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGAYU 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401416203_YUNIA AYUNINGSIH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan kegiatan prapenelitian di SD Negeri Karangau 03 Kota Semarang diperoleh data hasil belajar siswa kelas V pada aspek menentukan pokok pikiran belum optimal yaitu dari 39 siswa terdapat 16 siswa yang belum memenuhi KKM. Hal ini disebabkan rendahnya keterampilan membaca siswa dan terbatasnya media pembelajaran yang dapat menunjang berlangsungnya pembelajaran. Berdasarkan latar belajang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media buku saku berbasis PQ4R sebagai media pembelajarn materi menentukan pokok pikiran paragraf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research dan Development (Penelitian dan Pengembangan). Model pengembangan penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono yang dimodifikasi menjadi 5 tahapan karena adanya pandemi Covid-19 yakni : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri Karangayu 03, pakar/ahli dan peneliti. Teknik pengumpulan data mengunakan tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku saku berbasis PQ4R untuk menentukan pokok pikiran paragraf dinyatakan sangat layak dengan persentase kelayakan 96% oleh ahli media dan dengan persentase kelayakan 95% oleh ahli materi, dan penilaian guru kelas terhadap kelayakan materi 97% dengan kriteria sangat layak serta penilaian guru kelas terhadap kelayakan media 96% dengan kriteria sangat layak sehingga dapat disimpulan bahwa buku saku berbasis PQ4R untuk menentukan pokok pikiran paragraf layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku saku; PQ4R; menentukan pokok pikiran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:24
Last Modified: 08 Oct 2024 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64622

Actions (login required)

View Item View Item