PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD GUGUS URIP SUMOHARJO KECAMATAN CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP


Laeli Nur Sangadah, 1401416140 (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD GUGUS URIP SUMOHARJO KECAMATAN CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401416140 - Laeli Nur Sangadah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam pendidikan saat ini yakni mencakup kualitas pendidikan yang tengah mengalami tantangan sebagai akibat mewabahnya virus Covid-19 yang berdampak pada hasil kegiatan belajar-mengajar. Diketahui nilai kelulusan rata-rata siswa kelas VI SD Gugus Urip Sumoharjo Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap pada saat pandemi tahun ajaran 2020/2021 adalah 82,85. Nilai tersebut lebih rendah dari nilai kelulusan tahun ajaran 2021/2022 yang telah mengalami peningkatan, yaitu 83,05. Hal inilah yang melatarbelakangi Penulis untuk mengetahui lebih detail, mengenai motivasi belajar siswa dan minat baca siswa serta menganalisis adakah hubungan dan pengaruhnya terhadap hasil belajar khususnya bagi Siswa SD Gugus Urip Sumoharjo Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar? Bagaimana pengaruh minat baca terhadap hasil belajar? Bagaimana pengaruh motivasi belajar dan minat baca terhadap hasil belajar?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar dan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas VI di SD Gugus Urip Sumoharjo Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui langsung ke lokasi penelitian yang dilakukan dengan cara penyebaran angket. Teknik analisis data meliputi uji F (simultan), uji t (parsial) dan koefien determinasi yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS 26.00. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar dan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas VI di SD Gugus Urip Sumoharjo Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, minat baca terhadap hasil belajar dan motivasi belajar dan minat baca terhadap hasil belajar. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R-square 48,9%, sedangkan sisanya sebesar 51,1% dijelaskan oleh variabel lain. Saran yang penulis berikan yaitu sekolah hendaknya meningkatkan pengadaan fasilitas perpustakaan, kepala sekolah memberi penghargaan kepada siswa yang rajin membaca, sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dan guru hendaknya serta selalu memberikan motivasi belajar kepada siswa dengan memberikan berbagai model pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Minat Baca, Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:18
Last Modified: 08 Oct 2024 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64619

Actions (login required)

View Item View Item