HUBUNGAN ANTARA KETERBUKAAN DIRI DAN KARAKTER TOLERANSI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARAN
Shahnaz Setia Anita, 1301418071 (2023) HUBUNGAN ANTARA KETERBUKAAN DIRI DAN KARAKTER TOLERANSI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Komunikasi interpersonal dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, yaitu untuk mengenal pribadi dan juga orang lain, agar dapat melihat dengan jelas perihal dunia luar, untuk menciptakan dan memelihara hubungan, untuk mempengaruhi sikap dan perilaku, untuk bermain dan mencari hiburan, dan untuk membantu. Sekolah merupakan salah satu institusi pendidikan yang mempunyai peran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Proses pengembangan berbagai kemampuan dan sikap dapat dilakukan melalui sekolah dengan berbagai sarana prasarana nya dan kondisi lingkungan sekolah tersebut. Salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan yaitu kemampuan komunikasi interpersonal. Kemampuan komunikasi interpersonal ada beberapa faktor antara lain keterbukaan diri, karakter toleransi, dukungan serta kepercayaan. Tujuan penelitian ini digunakan untuk mengetahui hubungan antara keterbukaan diri dan karakter toleransi dengan pengembangan diri siswa dalam komunikasi interpersonal di SMP Negeri Se-Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, sedangkan pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan teknik random sampling. Total populasi sejumlah 735 siswa dengan mendapatkan sampel penelitian sejumlah 260 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologis dari variabel skala keterbukaan diri, skala karakter toleransi, dan skala komunikasi interpersonal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterbukaan diri dan karakter toleransi dengan komunikasi interpersonal, dengan nilai sig (p=0,000; p p<0,05) serta kedua variabel independen memberikan kontribusi terhadap komunikasi interpersonal sebesar 36,1%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi interpersonal, karakter toleransi, keterbukaan diri, siswa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 07:26 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64601 |
Actions (login required)
View Item |