HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KEMATANGAN KARIER PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 KOTA CIREBON
Tachia Eka Wahyuni, 1301418059 (2023) HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KEMATANGAN KARIER PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 KOTA CIREBON. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi pada siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Kota Cirebon yaitu siswanya masih kebingungan dalam melakukan perencanaan karier. Artinya, siswa masih belum memiliki kematangan karier yang baik. Melakukan peningkatan regulasi diri diharapkan dapat membantu siswa dalam kematangan kariernya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kematangan karier pada siswa kelas XI SMAN 7 Kota Cirebon, kemudian menganalisis tingkat regulasi diri pada siswa kelas XI SMAN 7 Kota Cirebon, serta meganalisis hubungan antara regulasi diri dengan kematangan karier pada siswa kelas XI SMAN 7 Kota Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Cirebon dengan jumlah 396 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan sampel penelitian berjumlah 195 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologis yang terdiri dari skala regulasi diri dan skala kematanan karier yang disebar melalui google form. Skala regulasi diri berjumlah 30 item yang memiliki rentang nilai koefisien validitas 0,371 hingga 0,747 dan reliabilitas 0,878. Selanjutnya skala kematangan karier memiliki rentang nilai 0, 334 hingga 0, 767 dan reliabilitas 0,914. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Regulasi diri berada pada kategori tinggi ( M= 86,68, SD = 8,551). Kematangan karier berada pada kategori tinggi (M= 85,34, SD =12,588). Kemudian, hasil dari analisis regresi sederhana regulasi diri dengan kematangan karier menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif (β= 0,824, R = 0,572, p< 0,05). Berdasarkan hasil tersebut diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru bimbingan dan konseling dalam memberikan tindakan, layanan dan dukungan kepada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Cirebon agar siswa selalu memiliki regulasi pada dirinya sehingga memiliki kematangan karier yang baik. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya jika ingin mengangkat topik yang sama yaitu bisa lebih memperluas populasi penelitian yang akan diambil. Kemudian, rekomendasi bagi guru bimbingan dan konseling yaitu disarankan agar selalu memberikan layanan berupa bimbingan atau konseling karier, melalui layanan bimbingan karier akan membantu siswa dalam melakukan pemahaman bagi dirinya dan lingkungannya, agar siswa dapat memilih karier yang sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki, serta guru bimbingan dan konseling juga bisa melakukan layanan bimbingan klasikal atau bimbingan kelompok maupun konseling individu atau konseling kelompok yang dimana terdapat program untuk membantu siswa dalam mengenali dirinya, mengatur dirinya mengenai pentingnya regulasi diri.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | regulasi diri, kematangan karier, siswa. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 07:10 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64597 |
Actions (login required)
View Item |