PENGARUH SELF-ESTEEM TERHADAP OPTIMISME DALAM UPAYA MERAIH KESUKSESAN KARIER PADA SISWA SMK SYAFI’I AKROM KOTA PEKALONGAN


Sherena Puspa, 1301418055 (2023) PENGARUH SELF-ESTEEM TERHADAP OPTIMISME DALAM UPAYA MERAIH KESUKSESAN KARIER PADA SISWA SMK SYAFI’I AKROM KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1301418055_Sherena Puspa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kesuksesan karier di masa depan bisa diraih dengan sikap optimisme. Siswa yang memiliki sikap optimisme terhadap karier masa depan memiliki keyakinan positif pada kemampuan dan potensi diri mereka untuk mencapai tujuan karier yang ingin dicapai. Namun masih banyak kelas XII SMK Syafi’I Akrom Kota Pekalongan yang belum mulai mempersiapkan masa depannya, seperti merasa tidak mampu bersaing dengan orang lain, tidak bisa menyelesaikan masalah dengan baik dan ragu mendapat pekerjaan sesuai keinginan. Hal tersebut membuat siswa SMK kelas XII harus memiliki optimisme SMK kelas XII akan mulai mempersiapkan kehidupannya setelah lulus SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-esteem dan optimisme untuk meraih kesuksesan karier pada siswa SMK Syafi’I Akrom Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan sampel berjumlah 222 siswa kelas XII SMK Syafi’I Akrom Kota Pekalongan dengan menggunakan teknik proporsional sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala self-esteem dan skala optimisme. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala self-esteem dan skala optimisme. Skala self-esteem terdiri dari 45 item dengan 4 indikator dan hasil reliabilitas bahwa nilai Alpha Cornbach skala self-esteem adalah 0,897. Sedangkan skala optimisme terdiri dari 36 item dengan 3 indikator dan hasil reliabilitas nilai Alpha Cornbach skala optimisme adalah 0,882. hasil uji linearitas menunjukkan bahwa nilai signifikansi deviation of linearity antara variabel self-esteem dan optimisme > 0,05 yaitu dengan hasil 0,242. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara self-esteem dan optimisme pada siswa kelas XII SMK Syafi’I Akrom Kota Pekalongan. Dan besarnya pengaruh self-esteem terhadap optimisme adalah sebesar 44,4%, termasuk dalam kategori moderat atau sedang. Semakin tinggi self-esteem maka semakin tinggi optimisme siswa. Oleh karena itu, diperlukan program layanan bimbingan dan konseling seperti bimbingan klasikal dan konseling kelompok untuk meningkatkan self-esteem dan optimisme siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self esteem, optimisme, siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Confidence
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:08
Last Modified: 07 Oct 2024 07:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64596

Actions (login required)

View Item View Item