PREDIKSI DUKUNGAN GURU MAPEL TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING STRATEGIES SISWA SMA NEGERI SE-KECAMATAN PEMALANG
Dardaniela Yosi Wardhani, 1301418010 (2023) PREDIKSI DUKUNGAN GURU MAPEL TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING STRATEGIES SISWA SMA NEGERI SE-KECAMATAN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena sosial yakni mayoritas siswa yang kurang memaksimalkan strategi regulasi diri dalam belajar (self-regulated learning strategies). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prediksi dukungan guru mapel terhadap self-regulated learning strategies siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Pemalang. Desain dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Pemalang yang terdiri dari dua SMA Negeri berjumlah 1.472 siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 304 siswa yang dipilih menggunakan Cluster Random Sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah skala dukungan guru yang diadaptasi dari instrumen Teacher Support Scale (TSS) dan skala self-regulated learning strategies adaptasi dari instrumen Motivated Strategies for Learning Questionnare (MLSQ). Teknik analisis dilakukan melalui analisis deskriptif dan regresi hierarkis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan guru menjelaskan varians dari self-regulated learning strategies sebesar 13.6% (R²=.136, p<0.01). Hal tersebut menggambarkan semakin tingginya dukungan guru maka semakin tinggi pula penggunaan self-regulated learning strategies siswa. Adapun yang menarik yaitu tidak semua aspek dari dukungan guru memprediksi self-regulated learning strategies, penelitian ini menegaskan hanya aspek expectation atau ekspektasi dari guru sedangkan aspek yang lain seperti invested, positive regard, dan accessible tidak memprediksi. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) gambaran dukungan guru pada siswa termasuk dalam kategori tinggi, (2) gambaran self�regulated learning strategies pada siswa termasuk dalam kategori tinggi, (3) dukungan guru berkorelasi/berhubungan dengan penggunaan self-regulated learning strategies pada siswa. Disarankan agar konselor dapat memberikan layanan yang tepat kepada siswa baik melalui klasikal, kelompok maupun individu, dan juga dapat melakukan kerjasama dengan guru mata pelajaran untuk meningkatkan self-regulated learning strategies pada siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Guru, Self-Regulated Learning Strategies |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > motivation to learn |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 06:54 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64591 |
Actions (login required)
View Item |