PELAKSANAAN PELATIHAN PADA PENERIMA MANFAAT DI BALAI REHABILITASI SOSIAL ANAK YANG MEMERLUKAN PERLINDUNGAN KHUSUS (BRSAMPK) KABUPATEN MAGELANG


Nadia Rahma El Rosid, 1201418070 (2023) PELAKSANAAN PELATIHAN PADA PENERIMA MANFAAT DI BALAI REHABILITASI SOSIAL ANAK YANG MEMERLUKAN PERLINDUNGAN KHUSUS (BRSAMPK) KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201418070_Nadia Rahma El Rosid.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Balai Rehabilitasi Sosial Anak “ANTASENA” Magelang mempunyai tugas memberikan pelayanan dan rehabilitasi sosial meliputi pembinaan fisik, bimbingan mental, bimbingan sosial, pelatihan ketrampilan, resosialisasi dan pembinaan lanjut bagi anak nakal agar mereka dapat menjalankan fungsi sosialnya secara wajar dan mampu berperan aktif dalam kehidupan masyarakat. Salah satu pelayanan dari proses resosialisasi adalah berupa pelatihan keterampilan yang terdiri dari pelatihan las, pelatihan salon dan barber shop juga pelatihan otomotif. Pelatihan pada penerima manfaat balai rehabilitasi “ANTASENA” berfokus pada proses pelaksanaan pelatihan yang dilakukan anak�anak panti sebagai salah satu media yang efektif untuk upaya pengembangan diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi Penelitian ada di Dusun IV, Sidomulyo, Kec. Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan peneliti meliputi penerima manfaat, instruktur, dan pembina balai. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Tahap analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : Kegiatan yang ada di BRSAMPK Antasena yang terdiri dari (1) keseharian penerima manfaat selama resosialisasi, (2) pelaksaan pelatihan keterampilan yang dilakukan penerima manfaat, dan (3) keaktifan penerima manfaat selama mengikuti kegiatan pelatihan. Masing-masing penerima manfaat memiliki tingkat keaktifan dan memiliki intensitas dalam memahami dan menerima materi yang diajarkan oleh instruktur yang berbeda-beda. Setiap penerima manfaat memiliki cara tersendiri untuk bisa memahami penjelasan yang disampaikan oleh instrukturnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Keaktifan, Penerima Manfaat
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General) > Tutoring
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:00
Last Modified: 07 Oct 2024 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64568

Actions (login required)

View Item View Item