POLA PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN KELUARGA DI DUSUN PAGAK DESA SUMBERSARI KECAMATAN BANYUURIP KABUPATEN PURWOREJO


Nopita Indriyanti, 1201418034 (2023) POLA PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN KELUARGA DI DUSUN PAGAK DESA SUMBERSARI KECAMATAN BANYUURIP KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201418034_Nopita Indriyanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berbagai permasalahan ekonomi saat ini memberikan kesadaran banyak orang tua untuk menerapkan pendidikan literasi keuangan pada anak agar kelak memiliki kehidupan yang lebih baik dan sejahtera. Ketakutan orang tua ketika anak tumbuh dewasa dan memiliki kehidupan yang lebih buruk dari kehidupannya saat ini mendorong mereka untuk melatih dan meningkatkan keterampilan keuangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan literasi keuangan yang diterapkan oleh orang tua di Dusun Pagak. 2) mendeskripsikan hasil yang diperoleh dari menanamkan literasi keuangan pada anak di Dusun Pagak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian terdiri dari lima orang tua, tiga anak, dan Ketua RW. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik, dan teknik analisis data menggunakan beberapa tahap yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian 1) pola pendidikan yang yang diterapkan beberapa orang tua di Dusun Pagak berjalan baik karena anak dengan ibu kooperatif. Sehingga tidak ada tekanan yang dialami anak selama proses pendidikan. Keterangan dari beberapa narasumber dapat disimpulkan bahwa dalam memberikan pendidikan literasi keuangan dapat dimulai dari mengenalkan dasar literasi keuangan, mengajarkan keterampilan keuangan serta melatih tanggung jawab anak. 2) perilaku anak dalam kehidupan sehari-hari menunjukkan bahwa literasi keuangan yang mereka terima memang memberikan dampak yang positif. Mereka memahami sepenuhnya dari mana uang yang mereka peroleh, bagaimana mengatur keuangan, bagaimana mengatur emosi dalam menggunakan keuangan, dan sikap menabung yang dilakukan secara terus menerus. Simpulan dari penelitian adalah peran orang tua dalam memberikan pendidikan literasi keuangan memiliki dampak yang berarti bagi kehidupan anak. Cara yang diterapkan juga mempengaruhi bagaimana anak akan menerima pengetahuan tersebut. Jika sikap yang ditampilkan anak positif berarti orang tua mengalami sedikit keberhasilan dalam menanamkan literasi keuangan pada anak. Saran untuk para orang tua di Dusun Pagak agar lebih memperhatikan anaknya hingga benar-benar menguasai pengetahuan dan keterampilan mengenai literasi keuangan. orang tua harus mendampingi hingga anak dewasa, karena sebelum anak-anak menginjak usia dewasa perubahan perilaku keuangan mungkin saja bisa berubah karena pengaruh dari lingkungan sekitar. Sehingga penanaman literasi keuangan yang telah dimulai dari usia dini akan terlupakan begitu saja oleh anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Literasi Keuangan, Pola Asuh
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General) > Development of Child
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:44
Last Modified: 07 Oct 2024 02:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64564

Actions (login required)

View Item View Item