IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C BERBASIS SETARA DARING DI PKBM PIONEER PALUR


Nining Ayu Wulandari, 1201418023 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C BERBASIS SETARA DARING DI PKBM PIONEER PALUR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201418023_Nining Ayu Wulandari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Beragamnya latar belakang peserta didik dimana sebagian besar peserta didik merupakan karyawan sehingga mendasari pelaksanaan pembelajaran pada program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Pioneer Palur dilaksanakan secara hybrid dengan persentase 80% daring dan 20% luring. Pembelajaran menjadi lebih efektif dan fleksibel dengan memanfaatkan aplikasi berbasis web Setara Daring. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang proses perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi serta faktor pendukung dan faktor penghambat pada implementasi pembelajaran program pendidikan kesetaraan paket C berbasis Setara Daring di PKBM Pioneer Palur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 2 informan yaitu Ketua PKBM dan Sekretaris PKBM, subjek dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yaitu 2 tutor dan 5 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validitas data dilakukan dengan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Pioneer Palur terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (a) Perencanaan program pembelajaran dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan belajar, penentuan tujuan pembelajaran, penyusunan strategi pembelajaran, dan penetapan program belajar; (b) Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembelajaran kelas daring (daring), kelas tutorial (luring), dan belajar mandiri. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran meliputi e-modul, PPT, dan video-video tutorial singkat. Media pembelajaran meliputi aplikasi berbasis web Setara Daring; (c) Evaluasi pembelajaran dalam program kejar paket C ini meliputi evaluasi harian dan evaluasi semesteran; (d) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran pada program paket C di PKBM Pioneer Palur ini diantaranya kemudahan akses dalam aplikasi berbasis web Setara Daring. Faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Pioneer Palur diantaranya gangguan server dari aplikasi Setara Daring yang rutin dilaksanakan terkadang mengganggu jalannya pelaksanaan pembelajaran. Disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran program pendidikan kesetaraan paket C berbasis setara daring di PKBM Pioneer Palur dilaksanakan secara daring dan luring, dengan persentase 80% daring dan 20% luring. Saran dalam penelitian ini diharapkan guru/tutor dapat memaksimalkan penggunaan fitur�fitur di Setara Daring seperti forum disku

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PKBM, Implementasi, Setara Daring, Pembelajaran Kejar Paket C
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:21
Last Modified: 07 Oct 2024 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64563

Actions (login required)

View Item View Item