IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI SKB UNGARAN


Ilham Nugroho Irianto, 1201418001 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI SKB UNGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201418001_Ilham Nugroho Irianto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi saat ini terdapat serangkaian permasalahan yang seringkali muncul di lingkungan masyarakat dengan cepat dan pesat. seiring dengan perkembangan zaman, seperti halnya perkembangan teknologi, modernisasi, serta perkembangan ekonomi. Adapun salah satu permasalahan yang seringkali muncul adalah masalah pendidikan, dimana kebanyakan masyarakat masih saja memiliki pendidikan dibawah standarisasi (rendah) yang ditetapkan oleh pemerintah. Pada penelitian ini diketahui beberapa warga belajar program kesetaraan paket C di SKB Ungaran yang mengenyam pendidikan sembari bekerja sehingga membutuhkan pengendalian diri demi meraih pendidikan yang layak. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini, antara lain: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran program kesetaraan paket C di SKB Ungaran; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran program kesetaraan paket C di SKB Ungaran; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran program kesetaraan paket C di SKB Ungaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran program kesetaraan paket C di SKB Ungaran, diantaranya: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran program kesetaraan paket C di SKB Ungaran; (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran program kesetaraan paket C di SKB Ungaran; (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran program kesetaraan paket C di SKB Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini meliputi: triangulasi sumber (1) observasi dilakukan melalui pengamatan secara langsung sesuai dengan prosedur atau ketentuan yang telah dirancang. (2) wawacara dengan kepala SKB, 3 tutor, dan 15 warga belajar; (3) dokumentasi dengan pihak SKB. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian implementasi pembelajaran program kesetaraan paket C yaitu dalam pendidikan program kesetaraan paket C adanya sebuah perencanaan yang meliputi silabus dan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, serta adanya evaluasi untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pembelajaran program kesetaraan paket C. Simpulan dalam penelitian implementasi pembelajaran program kesetaraan paket C yaitu pelaksanaan pembelajaran program kesetaraan paket C di SKB Ungaran meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Ketiga hal tersebut mempunyai peranan yang sangat penting karena saling berkaitan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, Program Kesetaraan Paket C, SKB
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:08
Last Modified: 07 Oct 2024 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64561

Actions (login required)

View Item View Item