Pengembangan Materi Ajar Membaca Nyaring Berbasis Kontekstual pada Kelas VII di Ungaran


Lathifa Ajria Farhati , 2102407014 (2011) Pengembangan Materi Ajar Membaca Nyaring Berbasis Kontekstual pada Kelas VII di Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Materi Ajar Membaca Nyaring Berbasis Kontekstual pada Kelas VII di Ungaran]
Preview
PDF (Pengembangan Materi Ajar Membaca Nyaring Berbasis Kontekstual pada Kelas VII di Ungaran) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama pembelajaran bahasa Jawa adalah siswa terampil berbahasa Jawa. Kenyataannya tujuan tersebut belum tercapai. Salah satu sebabnya karena penggunaan materi ajar yang tidak fokus melatih keterampilan berbahasa Jawa. Membaca nyaring merupakan salah satu keterampilan berbahasa Jawa yang harus dikuasai siswa SMP. Materi ajar yang digunakan dalam membaca nyaring belum bisa melatih siswa agar terampil membaca nyaring. Konteks bacaan dalam materi ajar membaca nyaring juga terpaku pada kebudayaan di Surakarta dan Yogyakarta. Padahal koteks bacaan yang baik untuk pembelajaran bahasa Jawa adalah konteks yang keberadaannya dekat dengan siswa. Materi ajar yang kurang memadai inilah yang mendorong perlunya pengembangan materi ajar membaca nyaring berbasis kontekstual. Berdasarkan uraian tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan materi ajar membaca nyaring berbasis kontekstual pada kelas VII di SMPN 5 Ungaran. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan materi ajar membaca nyaring berbasis kontekstual pada kelas VII di SMPN 5 Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research & Development). Pengembangan materi ajar dilakukan melalui enam tahap yaitu (1) pengumpulan informasi, (2) analisis kebutuhan, (3) merancang prototipe awal, (4) validitas prototipe/uji ahli, (5) revisi prototipe, dan (6) produk akhir. Data kebutuhan materi ajar dianalisis melalui cara reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Data uji ahli prototipe dianalisis menggunakan teknik deskriptif prosentase. Hasil pengumpulan informasi menunjukkan bahwa pembelajaran membaca nyaring yang selama ini berlangsung belum berhasil. Salah satu faktornya karena materi ajar yang tidak memadai. Berdasar analisis kebutuhan, perlu adanya inovasi materi ajar baru yaitu dengan tema kebudayaan dan keluarga yang sesuai dengan konteks kehidupan siswa di SMPN 5 Ungaran. Penyusunan prototipe dilakukan dengan memperhatikan harapan guru dan siswa tentang inovasi baru materi ajar. Selain itu, penyusunan juga dilakukan berdasarkan aspek penyajian dan kebenaran isi. Prototipe modul mendapatkan penilaian dari ahli materi 76,92%, dan guru 92,30%. Rata-rata prosentase penilaian ahli dan guru adalah 84,61%. Angka tersebut termasuk dalam kriteria baik, namun demi kesempurnaan prototipe masih perlu direvisi berdasarkan saran perbaikan dari ahli dan guru. Hasil akhir produk modul membaca nyaring berbasis kontekstual terdiri dari sampul depan, sampul dalam, atur pangiring, tujuan pembelajaran, sinau maca, gladhen maca, dan sampul belakang. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah (1) Kepada para guru hendaknya melakukan inovasi dalam pembelajaran, tidak hanya materi ajar tetapi bisa juga model pembelajaran, media pembelajaran dan berbagai hal lainnya yang mendukung proses pembelajaran. (2) Belum sempurnanya penelitian pengembangan ini, maka hendaknya perlu dilakukan penelitian-penelitian pengembangan lainnya sebagai penyempurna penelitian ini dan menjadi produk baru dalam penelitian pengembangan tentang pengajaran Bahasa Jawa. (3) Untuk mendapatkan analisis yang menyeluruh terhadap prototipe materi ajar membaca nyaring yang telah disusun, maka peneliti mepersilakan prototipe tersebut diujikan kepada siswa untuk mengetahui kesahihannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, materi ajar, membaca nyaring, kontekstual.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Oct 2011 02:36
Last Modified: 25 Apr 2015 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6455

Actions (login required)

View Item View Item