PENERAPAN PENDEKATAN INTEGRATIF PENDIDIKAN KESEHATAN DAN REPRODUKSI PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 1 PLATAR TAHUNAN JEPARA
Linda Adkhiyah, 1102419056 (2023) PENERAPAN PENDEKATAN INTEGRATIF PENDIDIKAN KESEHATAN DAN REPRODUKSI PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 1 PLATAR TAHUNAN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan akan upaya peningkatan pengetahuan serta pencegahan kekerasan seksual di lingkungan sekolah khususnya di jenjang Pendidikan sekolah dasar. Integrasi pendidikan kesehatan dan reproduksi yang diteliti menitikberatkan pada pendekatan integratif pada muatan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis bentuk pendekatan integratif pendidikan kesehatan dan reproduksi pada kurikulum 2013 serta, 2) bentuk penerapan integrasi pendidikan kesehatan dan reproduksi pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 1 Platar Tahunan Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara semiterstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan kesehatan dan reproduksi dilakukan melalui 4 proses yaitu identifikasi mata pelajaran; identifikasi kompetensi dasar; menentukan pendekatan, metode, dan media; sertat tmemasukkan ke rencana pelaksanaan pembelajaran. Pendidikan kesehatan dan reproduksi terdapat pada muatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Komponen Pendidikan kesehatan dan reproduksi yang termuat meliputi komponen hubungan/relasi, keanekaragaman, serta nilai, norma, batasan diri dan hubungan dengan orang lain. Penerapan pendekatan integratif pendidikan kesehatan dan reproduksi meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Tahap perencanaan meliputi penyusunan RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum 2013, kemudian pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti pembelajaran serta penutup. Kemudian kegiatan evaluasi berupa penilaian hasil belajar siswa meliputi kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dilakukan berdasarkan patokan kriteria ketuntasan minimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan integratif, kurikulum 2013, Pendidikan kesehatan dan reproduksi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 06:48 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 06:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64543 |
Actions (login required)
View Item |