Evaluasi Program Diklat Magang Ke Jepang Menggunakan Model Kirkpatrick Pada LPK Jiritsu Gakkou


Bayu Aji Prakoso, 1102419052 (2023) Evaluasi Program Diklat Magang Ke Jepang Menggunakan Model Kirkpatrick Pada LPK Jiritsu Gakkou. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102419052_Bayu Aji Prakoso.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Guna menyelenggarakan program diklat yang berkualitas, tentu diperlukan lembaga yang tersusun secara rapi serta sumber daya yang mumpuni, yang diadakan secara terstruktur yang dimulai dari analisis hingga evaluasi. Dalam menjalankan programnya LPK Jiritsu Gakkou setiap tahunnya lembaga bisa membuka kelas ajaran baru sebanyak tiga kali dalam satu tahun dengan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan pada LPK Jiritsu Gakkou dengan materi keterampilan bahasa Jepang, karakter dan budaya Jepang, etos kerja, kedisiplinan dan olahraga. Karena sebelum penelitian ini dilakukan belum pernah ada yang mengevaluasi program magang ke Jepang dari LPK Jiritsu Gakkou, urgensi dari penelitian ini adalah guna mengetahui kekurangan, kelebihan, keefektivitasan serta keefisiensian dari program magang ke Jepang pada LPK Jiritsu Gakkou. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Model evaluasi program yang digunakan menggunakan model evaluasi four level Kirkpatrick yang pada empat aspek, yaitu (reaction), (learning), (behaviour), (result). Hasil penelitian menunjukkan pada level 1 reaction ditemukan kekurangan yaitu pada kurangnya penggunaan proyektor sebagai media pembelajaran. Pada level 2 learning hasil evaluasi pembelajaran dari 14 peserta didik terdapat 1 peserta didik yang belum lulus KKM. Pada level 3 behavior peserta didik mampu mengubah sikap sesuai dengan diatur oleh LPK Jiritsu Gakkou. Pada Level 4 result magang ke Jepang pada LPK Jiritsu Gakkou memberikan dampak positif bagi alumni LPK Jiritsu Gakkou. Karena selain perubahan pada sikap serta mental individu alumni, mereka juga mendapatkan pengalaman serta modal yang didapatkan ketika magang ke Jepang. Modal inilah yang dijadikan alumni dari LPK Jiritsu Gakkou untuk mandiri secara finansial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Model Evaluasi Kirkpatrick, Program Diklat, Lembaga Pelatihan Kerja.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > learning style
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:58
Last Modified: 04 Oct 2024 03:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64541

Actions (login required)

View Item View Item