PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-BOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA POKOK BAHASAN CERITA RAKYAT KELAS VII SMP NEGERI 2 RANDUDONGKAL
Naila Nur Atqiya, 1102418008 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-BOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA POKOK BAHASAN CERITA RAKYAT KELAS VII SMP NEGERI 2 RANDUDONGKAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil dari pengamatan ke sekolah SMP Negeri 2 Randudongkal terdapat kendala dalam proses pembelajaran yang dimana para guru menyampaikannya lewat wawancara, terlebih pada mata pelajaran (Mulok) seperti Bahasa jawa pada pokok bahasan cerita rakyat kelas VII nilai siswa yang belum sampai pada KKM dan pada saat pembelajaran mereka merasa bosan, suntuk bahkan menyepelekan pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan ajar berbasis e-book untuk membantu guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa jawa pokok bahasan cerita rakyat memberikan solusi untuk guru dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis. Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan awal dalam penelitian yaitu menganalisis kebutuhan siswa serta menyusun desain produk bahan ajar e-book yang kemudian akan dilakukan pengembangan e-book, setelah aplikasi selesai dilakukan implementasi dan evaluasi bahan ajar e-book yang sudah siap. Hasil penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar e-book yang dapat mendukung pembelajaran. Hal ini dilihat dari hasil validasi ahli media dan ahli materi. Hasil presentase media 1 diperoleh presentase 91,6% dari ahli media 2 diperoleh prosentase 80% dan dari ahli media 3 diperoleh 80% dan dari ketiga ahli media dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-book dalam kategori sangat baik dan diperoleh presentase dari ahli materi adalah ahli materi 1 memperoleh presentase 86% dan ahli materi 2 memperoleh presentase 92% yang dalam hal ini antara kedua ahli materi tersebut layak digunakan dalam proses belajar mengajar,sehingga dari penilaian ahli media dan materi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-book tersebut bisa di produksi dan digunakan untuk pembelajaran. Hasil uji test statistics diperoleh Sig. (2-tailed) bernilai 0,02 lebih kecil dari < 0,05 dan dengan nilai N-gain scor siswa kelas eksperimen yaitu 76,11% dikatakan efektif, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar e-book. Kesimpulannya adalah bahan ajar e�book efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Randudongkal kelas VII
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, bahan ajar e-book |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:37 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64534 |
Actions (login required)
View Item |